Beranda Headline

Setelah Renovasi, Pelabuhan Dompak Jadi Jalur Domestik, SbP untuk Internasional

1
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kepri, Junaidi-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kepri, Junaidi menyampaikan, anggaran renovasi untuk Pelabuhan Dompak diperkirakan sebesar Rp 20 miliar.

“Itu estimasi awal. Jika memungkinkan tahun ini sudah bisa dianggarkan oleh Kementerian Perhubungan. Asalkan kajian yang kita lakukan selesai tahun ini,” katanya kepada hariankepri.com, kemarin.

Lebih lanjut Junaidi menyampaikan, jika nantinya renovasi pelabuhan tersebut rampung, maka pelabuhan tersebut akan dijadikan sebagai pelabuhan domestik.

“Kita sudah sampaikan itu ke Kementerian Perhubungan, Pelabuhan Dompak untuk domestik, dan Pelabuhan SbP untuk internasional saja. Dan itu juga sudah disetujui,” jelasnya.

Selain itu, untuk pengelolaan Pelabuhan Dompak tersebut, lanjut Junaedi, akan dilakukan oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Kepri.

“Untuk tindak lanjut pengelolaannya, kita menunggu pelabuhan itu dihibahkan ke kita, karena itu masih menjadi aset Kementerian Perhubungan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyampaikan, Kemenhub sudah memberikan lampu hijau untuk membiayai revitalisasi Pelabuhan Dompak yang lama mangkrak.

“Sekarang kita diminta untuk mempelajari dulu, apa-apa yang harus direvitalisasi, supaya itu bisa berfungsi untuk pelabuhan penumpang. Insya Allah, akhir tahun ini sudah bisa kita gunakan,” pungkasnya. (kar)

Baca juga:  Pemko Apresiasi Paguyuban Pasundan yang Gelar Lomba untuk Anak-anak

1 KOMENTAR

  1. Menurut saya lebih baik pelabuhan Dompak yang diperuntukkan sebagai pelabuhan jalur internasional dan SBP tetap berfungsi untuk pelabuhan penumpang domestik. Karena fasilitas parkir dan akses masuk pelabuhan Dompak lebih layak untuk penumpang internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini