Beranda Headline

Server KPU Tanjungpinang Down, Pola Hitung Pakai Cara Manual

0
Suasana salah satu TPS di Tanjungpinang usai lakukan penghitungan-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pencoblosan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif sudah berakhir pada pukul 13:00 WIB siang tadi.

Pantauan hariankepri.com, sekitar pukul 14:00 WIB sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah mulai melakukan penghitungan surat suara yang dimulai dari surat suara pilpres.

Sekitar pukul 15:00 WIB sejumlah TPS tampak sudah menyelesaikan penghitungan surat suara terhadap ketiga paslon presiden itu.

Namun saat dikonfirmasi ke KPU Tanjungpinang, pihak penyelenggara pemilu itu menyatakan, bahwa data sementara yang unggul pilpres di Tanjungpinang belum bisa diberikan.

“Karena server KPU dengan nama Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (SIREKAP) mengalami gangguan atau down,” kata Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, Andri Yudi kepada hariankepri.com.

Ia menegaskan, server down merupakan sistem di dalam website mengalami kegagalan hingga menyebabkan halaman tidak bisa diakses. Ini sudah terjadi sejak tadi pagi.

“Kami belum bisa berikan data karena server KPU down,” ujarnya.

Andri tidak mengetahui persis apa penyebab server KPU itu mengalami gangguan. Memang kata dia, dari Selasa (13/2/2024) kemarin, sebenarnya server tersebut tidak berjalan sempurna.

“Sehingga, sekarang kami hanya melakukan hitung manual, artinya menunggu petugas KPPS yang akan mengirimkan data ke KPU Tanjungpinang,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Digelar 20 Maret, MTQ Tanjungpinang Dipusatkan di Lapangan Pamedan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini