Beranda Headline

Serius Tata Pulau Penyengat, Gubernur Ansar Kumpulkan Tim Bahas Revitalisasi

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat rapat bersama tim untuk revitalisasi Pulau Penyengat-f/istimewa-humprohub

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad yakin, revitalisasi penataan Pulau Penyengat akan semakin menunjukkan kejelasan.

Usai pertemuannya dengan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Senin (24/5/2021) lalu di Jakarta, Gubernur Ansar kembali mengumpulkan tim untuk percepatan realisasi rencana tersebut.

“Jangan sampai apa yang sudah Pak Suharso usahakan untuk kita termasuk anggaran dan segala macam bantuannya kita sia-siakan,” ujar Gubernur Ansar saat memimpin Rapat Tindak Lanjut Pembahasan Revitalisasinya Pulau Penyengat di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (25/5/2021) malam.

Pada rapat ini, Ansar mengutarakan visinya untuk revitalisasi Pulau Penyengat bukan hanya sebagai penataan semata. Tetapi, sebagai perlindungan pula terhadap warisan-warisan budaya Melayu.

“Keistimewaan heritage yang dimiliki oleh Pulau Penyengat wajib kita rawat. Saya kira tidak banyak pulau di Indonesia yang satu kawasan penuh pulau itu dijadikan cagar budaya,” ucapnya.

Ia mengatakan, selama ini perhatian Pemerintah Pusat terhadap cagar budaya Pulau Penyengat masih belum maksimal. Untuk itu, dirinya sengaja berinisiatif mengajukan usulan penataan Pulau Penyengat tersebut ke Bappenas.

“Pemerintah Pusat mungkin selama ini terfokusnya hanya ke Candi Borobudur misalnya untuk pariwisata historis, padahal nilai-nilai yang dimiliki Pulau Penyengat pun saya yakin tak kalah berharga dengan Candi Borobudur,” katanya.

Program Revitalisasi Pulau Penyengat yang akan dilaksanakan pada tahun ini, memprioritaskan peningkatan mutu jalan akses menuju Pulau Penyengat mulai dari sarana pelabuhan di Tanjungpinang.

Kemudian penataan Masjid Raya Sultan Riau di Pulau Penyengat pun termasuk dalam rencana tersebut, seperti pergantian keramik di pelataran masjid, renovasi tempat wudhu, dan pengecatan ulang dinding masjid. (kar/humprohub)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here