Beranda Headline

Sehari, Kapal & Mobil Gubernur Telan 1 Ton BBM untuk Operasional

0
Mobil Toyota Inova Reborn dengan plat nomor BP 757 NB yang biasa digunakan Gubernur Kepri untuk operasional harian

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepri tahun 2018, besaran biaya Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk operasional Gubernur Kepri mencapai Rp 3 miliar.

Kendati dinilai cukup besar cost BBM orang nomor satu di Kepri ini, namun menurut Sekdaprov Kepri Arif Fadillah, bahwa angka tersebut masih wajar, ketika melihat luas wilayah yang didatangi Gubernur Nurdin.

Penyebabnya kata dia, karena dipengaruhi faktor geografis Provinsi Kepri yang terdiri dari lautan, sehingga memerlukan dana ektra untuk membiayai pembelian BBM perjalanan dinas Gubernur Kepri.

“Kondisi kita wilayahnya kan pulau-pulau. Setiap kepala daerah melakukan perjalanan dinas tentu memerlukan minyak. Baik itu untuk mobil atau kapal,” ujarnya, Jumat (23/11/2018).

“Cost minyak ini memang besar. Kalau di Jawa full tank sudah bisa kemana-mana. Kita cost minyaknya bisa 10 kali lipat,” ungkapnya.

Arif selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Kepri telah meminta ke Biro Umum Pemprov Kepri, yang mengurusi persoalan ini untuk bisa lebih cermat dalam menghitung pengeluaran pembelian BBM perjalanan dinas kepala daerah.

“Saya sudah minta, sekarang hitung benar-benar sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Jika dihitung atau dibagi dalam 12 bulan masa anggaran, maka setiap bulan ongkos BBM gubernur mencapai Rp 250 juta. Apabila dibagi lagi dalam satu bulan atau 30 hari, anggaran BBM gubernur dalam seharinya mencapai Rp 8,3 juta.

Anggaran Rp 8,3 juta ini jika digunakan seluruhnya untuk membeli bensin yang harganya per hari ini, Rp 6.450 per liter, maka kenderaan operasional gubernur mendapat asupan bensin sebanyak 1.286 liter, atau 1,2 ton per harinya.

Seperti diketahui bersama, selama ini untuk operasional di darat, Gubernur Kepri menggunakan mobil jenis Toyota Inova Reborn terbaru, yang kapasitas tangkinya maksimal 55 liter.

Apabila 600 liter dialokasikan untuk solar kapal, sedangkan separuhnya lagi (600 liter) dialokasikan untuk bensin mobil, maka mobil operasional gubernur bisa 10 kali mengisi bensin dalam sehari, untuk menghabiskan kuota 600 liter bensin operasional. (fik)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here