Beranda Headline

Sebelum Diberangkatkan ke Makkah, 210 JCH Tanjungpinang Divaksin Meningitis

0
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sebelum menunaikan ibadah haji, 210 Calon Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Tanjungpinang, mendapatkan vaksin meningitis dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan, pemberian vaksin tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai dari Kamis (18/4/2024) hingga Jumat (19/4/2024) pekan lalu.

Untuk tempat pelaksanaan, lanjut Rustam, dilakukan di Puskesmas Tanjungpinang Barat. Dari jumlah JCH, pemberian vaksin dibagi dua tahap.

“Sebagian hari pertama, dan sisanya di hari kedua,” kata Rustam, kemarin.

Menurutnya, vaksinasi meningitis tersebut merupakan salah satu persyaratan wajib bagi calon jemaah, untuk dapat diberangkatkan ke tanah suci Makkah.

Namun, kata Rustam, pada pelaksanaan hari pertama, masih ada 28 orang yang belum divaksin karena sedang berada di luar daerah.

“Batas terakhir, adalah 2 pekan sebelum jadwal keberangkatan,” terangnya.

Oleh karena itu, ia pun mengimbau kepada JCH yang belum sempat hadir, agar segera datang untuk mendapatkan vaksinasi tersebut.

“Vaksinasi meningitis diwajibkan bagi semua calon jemaah untuk mencegah terjadinya risiko penularan penyakit meningitis atau radang selaput otak,” tukasnya.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang, Ahmad Husein menyampaikan, pada tahun 2024 ini ada sebanyak 210 JCH yang akan menunaikan ibadah haji.

Ia pun berharap kepada seluruh JCH agar bisa menjaga kesehatan selama beberapa waktu ke depan. Sebab, pada 11 Mei 2024 seluruh calon sudah berangkat ke Kota Batam untuk menginap satu malam di Asrama Haji.

“Lalu pada 12 Mei 2024, seluruh JCH asal Tanjungpinang sudah diberangkatkan ke Madinah, di kelompok terbang (kloter) pertama,” pungkasnya. (zul)

Baca juga:  68 JCH Asal Bintan Dilepas ke Tanah Suci, Bupati Roby: Jaga Kesehatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini