Beranda Headline

Sambut Puasa Tahun 2023, Warga Teluk Bakau Bawa Obor Keliling Kampung

0
Puluhan anak-anak maupun warga Desa Teluk Bakau lainnya sedang memegang obor untuk menyambut puasa tahun 2023-f/istimewa-panitia pawai obor desa teluk bakau

BINTAN (HAKA) – Puluhan warga Desa Teluk Bakau, baik dari anak-anak maupun orang dewasa melakukan pawai obor sepanjang 1 Kilometer (Km), pada Sabtu (18/3/2023) malam.

Kegiatan warga Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang tersebut merupakan tradisi untuk menyambut 1 Ramadan 1444 Hijiriah tahun 2023 Masehi, yang tinggal beberapa hari lagi.

Ketua Panitia Pawai Obor Desa Teluk Bakau, Anjai Semara, mengatakan, acara itu diselenggarakan oleh Remaja Masjid Al-Amal.

Kata Anjai, rombongan pawai obor dilepas oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Sudario, dari halaman Kantor Desa menuju ke pelataran Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan atau eks Gedung MTQ Bintan.

“Kami berharap acara ini menjadi agenda rutin Desa Teluk Bakau setiap tahunnya,” ucap Anjai dengan singkat.

Sementara itu Kepala Desa Teluk Bakau, Wahid mengatakan, bahwa tradisi menyambut Ramadan ini setiap tahun dilaksanakan oleh masyarakat Teluk Bakau.

“Saya bersyukur acara ini kembali digelar setelah beberapa tahun tidak terlaksana. Ini bentuk syukur umat Islam dalam menyambut bulan yang penuh berkah tahun ini,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Asita Tanjungpinang – Bintan, Sapril Sembiring, menerangkan kearifan lokal tersebut harus dipertahankan. Sebab, ia menilai acara rakyat itu mampu menjadi daya tarik wisata.

“Jika dikemas dengan baik, maka mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sehingga, akan menjadi lokomotif ekonomi berbasis masyarakat,” imbuhnya.

Diketahui, acara itu juga diisi oleh penceramah, dan penyerahan hadia pawai obor terhadap peserta terbaik. Selanjutnya, ditutup dengan bersalam-salaman dan saling bermaafan antar sesama warga desa. (rul)

Baca juga:  Sebelum Ditinggal Mudik, Kapolresta Ingatkan Warga Soal Keamanan Rumah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini