Beranda Daerah Bintan

Sambut Momen Hari Besar Agama, Disperkim Pasang Lampu Hias di Jalan

0
Sejumlah kendaraan sedang melintas di lampu-lampu hias jalan umum yang terpasang di Jalan Tanah Kuning, Kijang Kota, Bintan Timur-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Bintan telah memasang lampu hias jalan di Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, dan Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, pada Desember 2023 lalu.

“Program Lampu Hias Jalan Umum itu untuk menyambut setiap momen hari-hari besar seperti Nataru, Imlek, hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha,” ucap Kadis Perkim Bintan Moh Irzan, kepada hariankepri.com, kemarin.

Ide awal lampu hias jalan di Bintan itu, kata Irzan, terinspirasi dari London, Inggris. Pemerintah Kota London memasang ribuan lampu beserta dekorasinya selama Ramadan tahun 2023 lalu.

Menurutnya, lampu gantung yang terpasang di sana berbentuk bulan bintang, kuba masjid menerangi di sepanjang Coventry Street, London, Inggris.

“Saya pun berpikir untuk adopsi konsep lampu gantung di Coventry Street London itu, di Bintan sesuai dengan kearifan lokal di daerah ini,” cerita Irzan.

Selain menerangi jalan, sambung Irzan, lampu hias jalan itu juga membuat kota menjadi estetika, khususnya di Jalan Permaisuri, Kelurahan Tanjunguban, dan di Jalan Tanah Kuning, Kelurahan Kijang Kota.

“Untuk momen Nataru, 600 lampu yang terpasang di bagian Bundaran Tanjak Kijang, dan Klenteng di Tanjunguban,” tuturnya.

Bahkan, kata Irzan, banyak warga yang menjadikan lampu hias jalan itu sebagai wisata lokal untuk berswafoto. Warga pun sangat senang dengan lampu-lampu gantung yang sudah terpasang itu.

“Selain, menerangi jalan yang agak gelap, juga mempercantik keindahan jalan,” jelasnya.

Irzan menyebutkan, anggaran lampu hias di dua titik itu masing-masing sebesar Rp 150 juta. Jika ada warga yang menyatakan pemborosan dana, itu tidak benar.

“Soalnya kami sudah memperhitungkan biaya listriknya juga. Lagian, lampu hias itu kami buka kembali setelah Nataru ini, dan kami pasang lagi di Imlek dan hari besar Islam tahun 2024 nanti,” pungkasnya. (rul)

Baca juga:  Jaga Malam Pergantian Tahun, Hasan Kerahkan Seluruh Satpol PP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini