Beranda Daerah Bintan

Resmi Diluncurkan, Bintan Triathlon Akan Digelar pada 1 Juni 2024

0
Sejumlah peserta Bintan Triathlon mengikuti lomba renang di Kawasan Wisata Lagoi Bay-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Event wisata berbasis olahraga, Bintan Triathlon akan kembali digelar di Lagoi Bay, Kabupaten Bintan, pada 1 Juni – 2 Juni 2024 mendatang.

Peluncuran event berskala internasional tersebut, secara resmi dilakukan oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, pada Kamis (7/3/2024).

Vinsensius mengatakan, penyelenggaraan event terutama pariwisata berbasis olahraga (sport tourism) ini, merupakan salah satu instrumen yang paling efektif dalam mendatangkan wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

“Bintan Triathlon sudah 20 kali digelar, ini artinya betapa konsistennya Bintan Resorts menyelenggarakan acara ini. Bukan hanya jumlah peserta yang meningkat, tapi kualitas penyelenggaraan acara juga meningkat,” katanya.

Hal ini sejalan dengan tujuan pariwisata Indonesia, berupa penyelenggaraan pariwisata berkualitas yang memberikan dampak pada kehidupan sosial, lingkungan, dan ekonomi masyarakat.

“Tapi soal kualitas wisatawan, Bintan tidak perlu dipertanyakan. Kontribusi Kepulauan Riau tergolong signifikan dan tahun ini menteri (Menparekraf) menargetkan Kepri dapat menyumbang 3 juta wisatawan mancanegara,” paparnya.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo melepas peserta Bintan Triathlon di Lagoy Bay, Kabupaten Bintan, Sabtu (21/10/2023)-f/zulfikar-hariankepri.com

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kepri, Guntur Sakti menyampaikan, Bintan Triathlon 2024 akan terbagi dalam beberapa kategori lomba mulai dari Enduro yang mencakup renang sejauh 1,5 km, sepeda 80 km, lari 20 km, hingga kategori Olympic dan Sprint yang lebih ringan dari pada Enduro.

Selain kompetisi, acara ini juga menghadirkan peserta dengan kategori khusus usia remaja dan usia anak-anak seperti Kids Splash and Dash.

“Kategori kompetisi untuk usia ini bertujuan memberikan pengalaman yang seru sekaligus inspirasi bagi mereka untuk mengenal dan mencintai dunia triathlon,” sebutnya.

Chief Operating Officer Bintan Resorts, Abdul Wahab, menambahkan, pihaknya menyiapkan program khusus bagi peserta asal Indonesia dengan memberikan diskon pendaftaran sebesar 20 persen.

Baca juga:  Wako Tanjungpinang Dinyatakan Positif Covid-19, Kadiskes: Kondisinya Stabil

“Kami juga akan berkoordinasi dengan hotel-hotel agar nanti dapat memberikan potongan harga sebesar 20 persen untuk atlet Indonesia,” tuturnya.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini