Beranda Headline

Rawan Ambruk, Pemko akan Pindahkan Aktivitas Pelabuhan Kuning ke Pelantar I

0
Kondisi Pelabuhan Kuning Tanjungpinang yang sudah tampak memprihatinkan-/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemko Tanjungpinang, berencana akan memindahkan aktivitas Pelabuhan Kuning Pelantar Penyengat ke dermaga Pelantar I Tanjungpinang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan menyampaikan, rencana tersebut dilakukan, karena kondisi Pelabuhan Kuning itu sudah sangat rawan ambruk, jika terus digunakan untuk aktivitas turun naik penumpang.

“Kerusakannya sudah parah. Kami khawatir pas angin kuat atau pasang laut besar, terjadi hal-hal yang tak dinginkan,” katanya kepada hariankepri.com, Selasa (21/5/2024).

Namun kata dia, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Pemprov Kepri melalui Dinas Perhubungan, terkait izin menumpang sementara di Dermaga Pelantar I tersebut.

“Kalau boleh kita numpang sementara, langsung kita pindahkan segera,” ucapnya.

Ia menambahkan, langkah-langkah tersebut diambil sambil menunggu anggaran revitalisasi sekitar Rp 12 miliar dari pemerintah pusat yang dijanjikan akan dikucurkan pada 2025 mendatang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanjungpinang, Muhammad Nazri membenarkan, dalam rapat bersama Bappenas beberapa waktu lalu, pada tahun 2025 mendatang Pemko Tanjungpinang dijanjikan akan mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 12 miliar untuk pembangunan pelantar tersebut.

Ia menjelaskan, jika anggaran itu bisa didapatkan Pemko Tanjungpinang, maka kerusakan-kerusakan yang ada di pelantar tersebut, bisa direvitalisasi semua.

“Kondisi kerusakan sekitar 60 persen, mulai dari atap, pagar, dan tiang-tiang penyangga pelantar sudah banyak yang rusak,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Gugatannya Ditolak MK, Golkar Tanjungpinang Ikhlas Kehilangan 1 Kursi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini