Beranda Headline

Raih Dua Penghargaan, Ansar Optimis Pemprov Dapat Bonus Rp 40 Miliar dari Pusat

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad tak dapat menutupi rasa bahagianya, atas prestasi Pemprov Kepri yang meraih dua penghargaan. Yakni urutan kedua Realisasi Belanja dan Peningkatan PAD tahun 2022 dalam APBD Award 2023.

“Alhamdulillah, kita termasuk provinsi yang berbeda dengan yang lain. Karena rata-rata provinsi lain satu penghargaan kita sekaligus dua penghargaan,” katanya, di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Jumat (17/3/2023).

Menurutnya, realisasi belanja APBD Kepri di tahun anggaran 2022 sebesar 97 persen merupakan realisasi tertinggi yang pernah dicapai oleh Pemprov Kepri selama ini.

Sama halnya kata dia, dengan peningkatan PAD di tahun anggaran 2022, yang mencapai 107 persen dari target yang juga menurutnya pertama kali dicapai oleh Pemprov Kepri.

“Dalam catatan kita PAD kita selama 5 tahun terakhir, inilah kali pertama capaian PAD kita melampaui target sampai 107 persen lebih,” jelasnya.

Atas capaian tersebut, maka, Pemprov Kepri di akhir tahun anggaran 2023 nanti, akan mendapatkan bonus berupa Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat.

“Tahun lalu kita mendapat Rp 24 miliar dana insentif karena penghargaan tahun lalu meskipun di nomor urut ke lima. Ini kita dapat dua kategori mudah-mudahan bisa dapat Rp 40 miliar di akhir tahun,” harapnya.

Ansar mengatakan, nantinya, dana tersebut akan dibelanjakan untuk bantuan-bantuan sosial seperti ke nelayan, memberikan subsidi transportasi, dan subsidi sembako.

“Mudah-mudahan ke depan kita bisa menempati posisi pertama dan tiga kategori mudah-mudahan bisa kita raih semua,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Provinsi Kepri itu juga mendorong kepada pemda kabupaten/kota di Kepri untuk terus menggenjot realisasi belanja, pendapatan, dan PAD-nya.

“Karena pada tahun ini tidak ada kabupaten/kota yang dapat. Maka kepala daerah mesti kuat melakukan kontrol ke bawah, mengevaluasi capaian serapan belanja daerah dan capaian realisasi pendapatan daerah. Kenapa ini penting karena ini berkaitan dengan dana insentif daerah,” pungkasnya.

Baca juga:  Tanjungpinang Paling Banyak Rapid Test Corona, Hasilnya 230 Orang Non Reaktif

Sebelumnya, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo menyerahkan pengharagaan kepada Gubernur Kepri, Ansar Ahmad karena berhasil menyabet dua penghargaan dalam APBD Award 2023 untuk kategori Realisasi Belanja Tertinggi dan Peningkatan PAD di tahun anggaran 2022.

Penghargaan itu diserahkan dalam kegiatan APBD Award 2023 yang berlangsung di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Kamis (16/3/2023).(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini