Beranda Headline

Progres Sudah 50 Persen, Tanjungpinang akan Punya Sentra IKM

0
Pembangunan sentra IKM Tanjungpinang-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kabid Stabilisasi Harga Disperdagin Kota Tanjungpinang, M Endy Febri mengatakan, progres pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM), sudah sekitar 50 persen.

Sentra IKM ini terletak di area Terminal Sei Carang, tepatnya di pojok halaman Kantor Dishub Kota Tanjungpinang. “Sekarang sedang proses pengerjaan,” katanya Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, pembangunan sentra IKM yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 2 miliar itu, ditargetkan rampung dan diresmikan pada akhir tahun 2022 mendatang.

Sementara itu, Kabid Perindustrian Disperdagin Kota Tanjungpinang, Surya Dharma menambahkan, sentra IKM tersebut dibangun dua lantai. Lantai satu untuk wadah promosi produk IKM-IKM yang ada di Tanjungpinang.

“Tentu produk-produk IKM binaan Disperdagin yang memenuhi syarat, seperti kelengkapan sertifikat halal dan lainnya,” terangnya, Kamis (29/9/2022).

Sedangkan di lantai dua, lanjutnya, akan digunakan untuk pengembangan dan pembinaan IKM-IKM yang ada di Tanjungpinang. Tapi, ia belum bisa menjelaskan secara rinci, berapa kapasitas untuk menampung produk-produk IKM.

“Kita lihat dulu nanti seperti apa, penyusunannya, yang jelas produk-produk IKM yang memenuhi syarat akan bisa ditampung, makanya saat ini kami gencar melakukan pelatihan untuk IKM,” terangnya.

Untuk penjaga produk-produk tersebut, tambah dia, akan diisi oleh tenaga kerja dari Disperdagin Kota Tanjungpinang.

“Misalnya seperti pelatihan kemasan produk, disitu nanti akan bisa digunakan untuk pelatihan-pelatihan bahkan bisa mengakomodir pelaku IKM yang ada di Tanjungpinang,” tukasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan, sentra IKM ini akan difungsikan sebagai rumah kuliner, pusat oleh-oleh dan tempat pelatihan bagi IKM dan UMKM yang ada di Tanjungpinang.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang, dan stakeholder terkait agar mendukung dan mendoakan, supaya pembangunan ini bisa berjalan lancar.

Baca juga:  Pemko Akan Segera Berlakukan New Normal, Rahma: Yang Melanggar Disanksi

“Dengan adanya sentra IKM ini, dapat membantu perekonomian pelaku usaha yang ada di Tanjungpinang,” tutupnya.(zul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini