Beranda Headline

PMK Mewabah, PDHI Cabang Kepri Dukung Mentan Bentuk Ditjen Kesehatan Hewan

0
Sekretaris Umum PDHI Cabang Kepri, drh Iwan Berri Prima-f/istimewa-dok pribadi

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Kepri, drh Iwan Berri Prima, mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo tentang, perlunya penanganan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan.

PMK sendiri saat ini telah dinyatakan sebagai wabah oleh Menteri Pertanian (Mentan).
“Kami sebagai Masyarakat Indonesia sangat mengapresiasi gerak cepat Bapak Presiden. Pelibatan kepolisian RI dalam penanganan wabah PMK ini juga sangat membantu kami selaku Tenaga Kesehatan Hewan di daerah,” katanya, Sabtu (21/5/2022).

Berri melanjutkan, PDHI Cabang Kepri juga mendukung langkah Mentan Syahrul Yasin Limpo, yang akan membentuk Direktorat Jenderal Kesehatan Hewan (Ditjen Keswan) sebagai institusi eselon 1 di bawah lingkup Kementerian Pertanian.

“Dengan dibentuknya Ditjen Kesehatan Hewan, harapannya agar persoalan penyakit hewan, seperti PMK dan yang lainnya lebih optimal untuk ditangani,” paparnya.

PDHI Cabang Kepri, juga mendukung rencana kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang akan mengubah urusan kesehatan hewan menjadi urusan wajib bagi pemerintahan daerah.

“Selama ini, urusan kesehatan hewan merupakan urusan pilihan. Sehingga tidak semua pemda melaksanakan urusan ini, yang berakibat lambatnya penanganan urusan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner,” jelasnya.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini