Beranda Daerah Bintan

Permudah Warga Bintan Cari Kerja, Disnaker akan Luncurkan Aplikasi Silancar

0
Kepala Disnaker Kabupaten Bintan, Indra Hidayat-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan, telah menjadwalkan launching aplikasi Sistem Layanan Ketenagakerjaan (Silancar), yang berbasis android pada Januari 2022 ini. Demikian ditegaskan Kepala Disnaker Bintan Indra Hidayat.

Dalam aplikasi Silancar ini, kata Indra, masyarakat bisa mencari lowongan kerja di berbagai perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Bintan.

“Masyarakat cukup di rumah, atau di kedai kopi sambil cari informasi lowongan pekerjaan melalui handphone androidnya,” terang Indra, Selasa (11/1/2022).

Untuk bisa mengakses aplikasi tersebut, sambung Indra, masyarakat dapat mengunduh Silancar melalui play store atau app store. Dalam aplikasi itu, banyak menu yang menjadi pilihan tentang ketenagakerjaan.

“Ini untuk memudahkan pelayanan masyarakat secara digital birokrasi,” terangnya

Indra menerangkan, aplikasi itu juga tersedia layanan permohonan pembuatan kartu kuning untuk melamar pekerjaan.

Sehingga, masyarakat tidak perlu repot ke Kantor Disnaker Bintan untuk antri mendapatkan kartu tanda pencari kerja tersebut dikemudian hari.

Kemudian ada juga informasi tentang pendataan ketenagakerjaan secara klasifikasi, baik pendidikan maupun kualifikasi keahlian. Termasuk, penyediaan data penempatan tenaga kerja ada dalam aplikasi tersebut.

“Saat masyarakat mengakses Silancar, nanti ada dikirimkan notifikasi kepada masyarakat sebagai feedback dari layanan yang diakses. Jadi lebih mudah,” imbuhnya. (rul)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here