Beranda Daerah Batam

Perjalanan Terbatas ke Singapura Akan Dibuka, Bahtiar Cek Kesiapan Pelabuhan Batam

0
Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar dan Kapolda Kepri, Irjen Aris Budiman mengecek ke dalam kapal yang melayani rute Batam-Singapura-f/istimewa-humas pemprov

BATAM (HAKA) – Pjs Gubernur Bahtiar Baharuddin dan Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman melakukan peninjauan kesiapan Pelabuhan Harbour Bay, Rabu (14/10/2020).

Peninjauan ini, terkait dengan segera dibukanya rute perjalanan terbatas  Singapura-Batam dan sebaliknya. Sekaligus memastikan, pelabuhan siap menerapkan protokol kesehatan.

Bahtiar dan rombongan tiba di pelabuhan Harbour Bay sekitar pukul 15.30 WIB. Disambut Manager Operasional Harbour Bay Sugiarto, Bahtiar langsung dibawa meninjau seluruh pelayanan di pelabuhan hingga ke dalam kapal feri.

Bahtiar memastikan, seluruh operasional pelabuhan, dari mulai kesiapan di pintu masuk, ketersediaan termometer pengecek suhu, fasilitas karantina, tempat duduk yang telah dibuat berjarak, hingga tempat antre untuk masuk.

Sebelum ke Harbour Bay, Bahtiar dan Kapolda Irjen Aris juga meninjau kesiapan pelabuhann internasional Batam Centre.

Pelabuhan ini juga mulai disiapkan untuk menjadi pintu masuk dan keluar Batam-Singapura.

Kesiapan yang diminta dilengkapi, di antaranya PCR, hotel terdekat dengan pelabuhan hingga fasilitas pendukung lainnya.

Fasilitas untuk pemeriksaan kesehatan diingatkan, harus sama dengan Singapura.

“Kita harus menerapkan standard pemeriksaan yang sama dengan yang dilakukan di Singapura,” tegas Bahtiar.

Sementara itu, Manager Operasional Harbour Bay Sugiarto mengatakan, sejatinya Harbour Bay sejak pandemi merebak, tidak menghentikan operasional. Pelayanan transportasi Tanah Merah Singapura – Batam dan sebaliknya terus berjalan.

“Hanya saja frekuensi yang kita kurangi. Jika dulu saat kondisi normal, perjalanan Tanah Merah-Harbour Bay bisa mencapai 20 kali perjalanan setiap hari, maka sekarang menjadi 1 kali perjalanan. Itu pun tidak tiap hari. Melainkan hanya hari Senin, Rabu dan Jumat,” jelasnya.

Kendati begitu, Sugiharto menegaskan, Pelabuhan Harbour Bay secara operasional, siap melaksanakan dan menjalankan protokol kesehatan pelayanan penumpang.

Untuk pelayanan transportasi domestik, Batam – Tanjung Balai Karimun,  saat ini juga berkurang.

Jika sebelumnya rute perjalanan 6 kali sehari Batam-Tanjungbalai Karimun dan sebaliknya, saat ini menjadi 3 kali perjalanan saja.

Turut serta dalam kunjungan tersebut, Sekdaporv Kepri TS Arif Fadillah, Pjs Walikota Batam Samsul Bahrum, Plh BP Batam, Asisten 1 Kepri Sardison, Kadishub Kepri Junaidi, Jubir Satgas Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana, Kadiskes Mohammad Bisri, Plt Kepala Biro Humas, Protokol & Penghubung Zulkifli.(kar/humas pemprov)

example banner



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here