Beranda Daerah Bintan

Perintah Bupati Roby ke Kades Numbing: Setiap Jiwa Tanam Satu Pohon Pisang

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan saat menanam pisang di Desa Numbing-f/istimewa-diskominfo

BINTAN (HAKA) – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama rombongan, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Numbing, Kecamatan Bintan Pesisir, Senin (27/12/2021).

Kunker Roby itu, disejalankan dengan kegiatan peringatan Hari Ibu yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Desa Numbing. Roby juga membuka program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) kebun pisang lokal di desa tersebut.

Roby mengapresiasi inisiatif dari seluruh masyarakat Desa Numbing. Pasalnya, program padat karya yang dirintis oleh perangkat desa dan warga setempat, sesuai dengan visi misi pemerintahannya.

Yakni, memanfaatkan lahan kosong, dengan menanamkan pohon pisang. Jika tanaman ini terus dibudidayakan, maka masyarakat desa ini akan merasakan manfaatnya ke depan.

“Saya harap Desa Numbing, dapat menjadi desa sentral penghasil pisang di Kabupaten Bintan ke depannya,” ucap Roby kepada kepala desa dan warga lainnya.

Jika itu terwujud, maka warga Desa Numbing juga mendapatkan nilai tambah yakni, peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Ini kelompok masyarakat bisa buat usaha keripik pisang, dan inovasi lainnya dari pisang ini,” tuturnya.

Selain itu, sambung Rony, desa ini juga bisa menjadi tempat agrowisata baik pertanian, perkebunan, kehutanan dan lainnya.

“Ini bisa sekaligus jadi desa wisata di Bintan ke depannya,” harap Roby.

Untuk itu Roby memerintahkan Kepala Desa Numbing menerbitkan surat edaran tahun 2022, tentang satu jiwa menanam dan memelihara 1 pohon pisang. Sehingga, program padat karya itu tetap dibudidayakan dan dilestarikan olen masyarakat.

“Kita dapat bekerja sama dengan pihak BUMDes dan BUMD Kabupaten Bintan dalam pengelolaan pisang menjadi keripik pisang, agar dapat dikembangkan ke depannya,” imbuhnya. (rul/rilis)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here