Beranda Headline

Perebutan Kursi Terakhir DPR RI Dapil Kepri, Isdianto dan Soerya Bersaing Ketat

0
Mantan Gubernur Kepri, Isdianto dan Mantan Wagub Kepri, Soerya Respationo saat beraksi dalam ring tinju pada tahun 2020 lalu. Saat ini keduanya bersaing memperebutkan kursi terakhir DPR RI Dapil Provinsi Kepri-f/dok-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Perebutan kursi terakhir (ke empat) pada pileg DPR RI, untuk daerah pemilihan (dapil) Provinsi Kepri di Pemilu 2024 ini semakin menarik untuk dicermati.

Berdasarkan Lampiran Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023, jumlah kursi DPR RI dari Dapil Kepri di Pemilu 2024 ini ditetapkan sebanyak 4 kursi.

Dari data yang dilansir di real count KPU pada Sabtu (2/3/2024) dengan progres perhitungan sebanyak 2.841 TPS atau 48,04 persen dari total 5.914 TPS di Kepri.

Sebanyak 3 calon legislatif (caleg) DPR RI dapil Provinsi Kepri, sudah dipastikan akan melenggang mulus untuk duduk sebagai wakil rakyat di Senayan.

Selain itu, data real count tersebut juga menunjukkan, para caleg DPR RI Dapil Provinsi Kepri yang saat ini berstatus petahana, dipastikan tidak akan kembali lagi duduk di Senayan.

Para petahana tersebut yakni, Nyat Kadir dari Partai NasDem, Asman Abnur dari PAN, Cen Sui Lan dari Partai Golkar, dan Mayjen TNI (Purn) Sturman Panjaitan dari PDIP.

Sedangkan, tiga caleg DPR RI Dapil Provinsi Kepri yang dipastikan akan duduk di Senayan yaitu, Sekretaris DPD Partai Golkar Kepri, Rizki Faisal dengan suara pribadi sebanyak 29.121.

Sedangkan untuk jumlah suara sah partai politik dan calon sudah terkumpul sebanyak 67.979 suara. Humas DPD Partai Golkar Provinsi Kepri, Suyono ketika dikonfirmasi membenarkan data real count KPU tersebut.

“Iya benar, Pemilu ini kader Golkar yang akan duduk di DPR RI itu Rizki Faisal,” ujarnya singkat kepada hariankepri.com di Kota Tanjungpinang.

Setelah Rizki, ada nama Ketua DPP Partai Gerindra Endipat Wijaya yang juga dipastikan akan lolos ke Senayan. Staf Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto itu, sampai saat ini mengantongi suara pribadi sebanyak 29.434 suara dan jumlah suara sah partai politik dan calon sebanyak 50.146 suara.

Baca juga:  Ketua DPRD Gabung ke Pemuda Pancasila, Wan: Jangan Masukkan Pengurus

Kemudian, di tempat ketiga ada nama Randi Zulmariadi yang merupakan politisi Partai NasDem sekaligus anak dari Ketua DPW Partai NasDem Kepri, HM Rudi.

Randi dalam pileg di Pemilu tahun 2024 ini sudah mengantongi suara pribadi sebanyak 21.137 suara, sementara untuk jumlah suara sah partai politik dan calon sudah tercatat sebanyak 42.658.

Sementara itu, untuk kursi keempat berdasarkan real count KPU masih diperebutkan oleh mantan Gubernur Kepri, Isdianto dan mantan Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, Soerya Respationo.

Suara keduanya saat ini, baik itu suara pribadi maupun jumlah suara sah parpol dan caleg masih saling kejar-kejaran.
Real count KPU menunjukkan perolehan suara pribadi Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri, Soerya Respationo sebanyak 15.650 suara, sedangkan, perolehan suara pribadi Isdianto sebanyak 12.534 suara.

Berdasarkan data itu, suara Soerya masih unggul sebanyak 3.116 suara dari suara pribadi Isdianto yang pada pileg Pemilu 2024 ini merupakan caleg dari PKB.

Sedangkan, untuk perolehan suara sah partai politik dan calon, keduanya terpaut cukup tipis. Dari data real count KPU yang di-update pukul 07:30 pada Sabtu (2/3/2024) untuk sementara perolehan suara sah PDI Perjuangan dan calegnya yakni sebanyak 37.775 suara, unggul 344 suara dari perolehan suara sah PKB dan calegnya dari dapil Kepri di Pemilu 2024 yang sebanyak 37.431 suara.

Sementara itu, Isdianto ketika dimintai komentarnya soal peluang dirinya untuk duduk sebagai anggota DPR RI, tak menjawab lugas.

“Masih bersaing, doakan saja,” ujar Mantan Gubernur Kepri itu kepada hariankepri.com.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini