Beranda Daerah Bintan

Per Bulan, Kube Nila Mandiri Produksi 5 Kuintal Ikan Nila

0
Panen perdana ikan nila di Bintan

BINTAN (HAKA) – Hanya dalam waktu sekitar enam bulan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Nila Mandiri di Kelurahan Teluklobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, mulai memanen ikan nila sekitar 15 kg – 20 kg per hari mulai panen perdana, Minggu (12/3). Dalam waktu sebulan bisa memanen sekitar 5 kuintal.

Kelompok ini dimodali dana sekitar Rp 20 juta dari APBN. Modal itu yang digunakan untuk membudidayakan ikan nila di kolam sekitar 900 meter persegi dengan jumlah bibit sekitar 4.000 ekor.

Diyakini, jika memiliki modal lebih besar kelompok ini bisa menghasilkan panen ikan yang lebih besar. Firdaus, Ketua Kube Nila Mandiri berharap adanya penambahan modal. Untuk mengembangkan usaha tersebut.

Karena, saat ini mereka sudah menerima permintaan dari Batam tapi belum mampu memasoknya. Untuk saat ini, hasil panen yang dihasilkan dijual di Pasar Baru, Tanjunguban.

Panen perdana ini dilakukan oleh Apri Sujadi, Bupati Bintan yang didampingi Deby Apri, Ketua PKK Bintan. Sejumlah anggota dewan dan kepala dinas ikut serta di panen itu. Apri menilai positif usaha budi daya tersebut dan terus memotivasi para petani ikan tersebut.

Ditegaskannya, Pemkab akan mendukung program ini agar tumbuh lebih banyak pembudidaya ikan air tawar. (eci)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here