Beranda Daerah Bintan

Penilaian Pusat: Respon Layanan Bencana PMI Bintan Sudah Baik

0
Anggota Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Hanna Kusumastuti (kiri) bersama Palang Merah Hongkong di Kantor PMI Kabupaten Bintan-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – PMI Pusat menilai PMI Bintan masih kurang melakukan penguatan manajemen pengurangan risiko, bencana berbasis masyarakat.

“Kalau mengenai respon kesiapsiagaan dan layanan bencana, kita lihat PMI Bintan sudah cukup baik,” ucap Anggota Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Hanna Kusumastuti, kemarin.

Pihaknya meminta kepada PMI Bintan, agar melakukan kajian atau studi risiko penanggulangan bencana di lokasi masing-masing yang ada di Bintan.

“Misalnya, melakukan rekruitmen serta pelatihan relawan agar mereka melakukan pendampingan desa/kelurahan,” jelasnya.

Selain itu, PMI Bintan serta warga juga melakukan mitigasi untuk pencegahan, mengurangi, mengurangi risiko serta memulihkan dari dampak bencana baik sebelum dan setelah terjadi bencana alam.

“Misalkan melakukan gerakan penanaman salah satu varietas rumput gajah. Manfaatnya, bisa menahan tanah agar tidak longsor,” ucapnya.

Ditambah, tanaman lain seperti pepohonan sesuai dengan kondisi dan daerah masing-masing. “Di sisi lain, rumput gajah ini bisa menjadi peluang ekonomi masyarakat yakni, bisa dijual untuk pakan ternak,” tutup Hanna. (rul)







TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini