Beranda Headline

Penanganan Covid-Terbaik di Sumatera, Ansar Terima Penghargaan dari Jokowi

0
Presiden Jokowi menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dalam acara Penghargaan Penanganan Covid-19 yang berlangsung di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/3/2023). f/istimewa-Humas Setkab RI

JAKARTA (HAKA) – Provinsi Kepri berhasil meraih penghargaan, sebagai provinsi berkinerja terbaik di wilayah Sumatera, untuk penanganan pandemi Covid-19.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Pesiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dalam acara Penghargaan Penanganan Covid-19 yang berlangsung di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia tidak lepas dari kerja bersama seluruh komponen bangsa.

Mulai dari pemerintah pusat sampai ke tingkat desa, tenaga kesehatan (nakes), TNI-Polri, sektor swasta, organisasi kemasyarakatan, akademisi, hingga seluruh masyarakat.

“Saya lihat betul-betul kita semuanya dari A sampai Z semuanya bekerja keras untuk menangani Covid-19 ini. Dan, banyak pihak yang bekerja mempertaruhkan risiko dirinya,” katanya.

Presiden menambahkan, penanganan pandemi Covid-19 menunjukkan adanya kekuatan besar Indonesia yang luar biasa sebagai sebuah bangsa besar.

“Kekuatan ini juga dapat digunakan untuk menangani penyakit-penyakit yang lainnya seperti TBC, penanganan stunting, peningkatan produksi pangan, serta penurunan angka kemiskinan,” tuturnya.

Kepala Negara menyampaikan apresiasi kepada semua penerima penghargaan. Ia pun berpesan agar pengabdian yang telah dilakukan dalam menangani pandemi Covid-19 dapat terus dilanjutkan untuk memecahkan berbagai masalah-masalah kemanusiaan dan kebangsaan.

“(Demi) membangun Indonesia menjadi negara maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Ansar, menyampaikan, keberhasilan Kepri dalam mengendalikan Covid, berkat kerjasama dan kerja keras seluruh Forkopimda Kepri, Pemerintah Kabupaten/Kota, organisasi kemasyarakatan,swasta, dan tenaga kesehatan.

“Saya ingin mendedikasikan penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kepulauan Riau khususnya tenaga-tenaga terdepan seperti tenaga kesehatan, KKP, dan yang lainnya,” katanya.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri itu, berujar, pengalaman penanganan pandemi Covid-19 menjadi sebuah pengalaman berharga bagi Kepulauan Riau untuk dapat terys bersatu menghadapi tantangan dan persoalan yang akan datang.

Baca juga:  Wow...Ada 35 Temuan Penerima Beasiswa Ganda di Kepri

“Ini semuanya tentu berkat dorongan bapak Presiden RI, apresiasi juga untuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai koordinator penanganan pandemi Covid-19 di luar Jawa dan Bali,” tuturnya.

Sebagai informasi, dalam mengendalikan Covid-19, Pemprov Kepri menggunakan strategi T3VAK SIREH.

T3VAK SIREH sendiri, merupkan singkatan dari T3 (Penguatan Kapasitas Layanan dan Respon 3T (Testing, Tracing, Treatment)), VAK (Percepatan Vaksinasi), SI (Optimalisasi Pola Kemitraan Pentahelix dan Penyebarluasan Media Komunikasi, informasi dan Edukasi) dan REH (Rehabilitasi Ekonomi dan Sosial).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menkopolhukam, Mahfud MD, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menko Marvest, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini