Beranda Daerah Bintan

Pemutakhiran Data Pemilih Dimulai untuk 21 Desa, Roni Minta Partisipasi Masyarakat

0
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMDes) Bintan, Roni Kartika-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Tahapan Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Bintan, kini telah masuk pemutakhiran data pemilih untuk 21 desa.

“Panitia Pilkades akan melakukan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di masing-masing desa, mulai minggu ini hingga pertengahan Juni 2022 nanti,” ucap Kadis PMDes Bintan, Roni Kartika, Rabu (11/5/2022).

DPS masyarakat yang ada di panitia itu, sambung Roni, adalah data dari KPU Bintan yang diverifikasi kembali masing-masing penyelenggara Pilkades di 21 desa.

Untuk melakukan validasi data kependudukan masyarakat. Di antaranya, jika ada warga yang pindah domisili, meninggal dunia.

“Atau status usia berubah menjadi 17 tahun. Itu kan harus didata kembali dan dimasukan ke DPS. setelah itu diumumkan kembali ke masyarakat sebelum diplenokan menjadi DPT Pilkades,” jelasnya.

Setelah penetapan DPT pada Juni 2022, sambung Roni, tahap selanjutnya panitia akan membuka pendaftaran calon kepala desa di masing-masing desa.

Untuk itu, Roni meminta partisipasi aktif masyarakat agar mendorong calon pemilih supaya bisa menyalurkan hak pilih mereka pada 29 September 2022 kedepan.

“Jika calon pemilih belum terdata, segera daftarkan ke DPS melalui panitia pelaksana di desa masing-masing,” pungkasnya.

Adapun desa-desa yang menyelenggarakan Pilkades tahun 2022. Untuk Kecamatan Teluk Sebong ada 5 desa yakni, Desa Berakit, Pengudang, Ekang Anculai, Sebong Pereh dan Desa Sri Bintan.

Begitupun juga di Kecamatan Tambelan ada 5 desa yakni, Desa Batu Lepuk, Kampung Melayu, Pulau Pinang, Desa Kukup dan Desa Pengikik. Lalu, di Kecamatan Bintan Pesisir, Desa Numbing, Air Glubi dan Desa Mapur.

Selanjutnya, Kecamatan Mantang ada tiga yakni, Desa Mantang Baru, Desa Mantang Besar dan Desa Mantang Lama. Kemudian, di Kecamatan Gunung Kijang hanya Desa Teluk Bakau.

Ada juga Desa Lancang Kuning Kecamatan Bintan Utara, Desa Kuala Sempang Kecamatan Seri Koala Lobam, Desa Toapaya Kecamatan Toapaya, dan Desa Pengujang di Kecamatan Teluk Bintan. (rul)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini