Beranda Daerah Bintan

Pemkab Gelontorkan Rp 13 Miliar untuk Buat Air Mancur

0
Bupati Bintan Apri Sujadi

BINTAN (HAKA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan akan menata Taman Kota Kijang, Bintan Timur dengan memberikan sentuhan air mancur, yang akan didesain menyerupai Bunga Kolak.

Bupati Bintan Apri Sujadi, mengungkapkan bahwa salah satu yang melatarbelakangi konsep air mancur Bunga Kolak, berdasarkan histori pada tahun 1924 silam.

“Dulu banyak bunga kolak yang bisa ditemukan di sepanjang lokasi tersebut,” jelasnya.

Apri menerangkan, bentuk bunga kolak yang menjadi histori, akan ditampilkan ditengah-tengah kolam dalam bentuk air mancur.

Harapannya, ini akan menjadi tren dan lokasi spot pariwisata baru, sehingga masyarakat yang berjualan di sepanjang lokasi tersebut juga akan menerima manfaat atas ramainya pengunjung.

“Landscape penataan taman dibuat ramah lingkungan bagi pejalan kaki. Beberapa pepohonan rimbun tetap dipertahankan ditambah beberapa lokasi duduk tempat peristirahatan,” paparnya Minggu (28/1/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas Permukiman Kabupaten Bintan Herry Wahyu melalui Kabid Perumahan Bayu Wicaksono mengatakan bahwa desain air mancur motif bunga Kolak yang ditampilkan ditengah-tengah kolam, nantinya terdiri 5 hingga 6 lingkaran dengan bentuk, sedang besar dan kecil.

“Nantinya ada 5 hingga 6 lingkaran, dibentuk dalam 3 spot, masing-masing berdiameter 5 meter , 7,5 meter dan paling besar itu 10 meter, dengan jarak nozzle 1 meter hingga 1,20 meter. Dan panjang rentang hingga 65 Meter dengan tinggi air pancuran bisa mencapai 6 hingga 10 meter serta bila dibantu dengan mesin high jet tinggi nya akan mampu mencapai 12 meter lebih,” urainya.

Dikatakannya juga bahwa konsep air mancur ini rencananya akan mulai diwujudkan di tahun 2018 ini dengan anggaran yang telah disiapkan sekitar Rp 13 miliar.

“Rencananya di lokasi ini, juga akan digunakan untuk berbagai kegiatan pertunjukan seni di akhir pekan,” tukasnya. (red/humas pemkab bintan)

Baca juga:  TOSSA, Inovasi Puskesmas Batu X untuk Beri Kemudahan Pasien Gejala ISPA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini