Beranda Headline

Pemberitaan Soal Corona, PWI Kepri Minta Media Lebih Menenangkan

0
Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim-f/dokumentasi hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Terkait menyebarnya virus corona (covid-19), serta makin massifnya berbagai berita, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri berharap, media lebih mengedepankan pemberitaan yang sejuk, menenangkan, memberikan imbauan, dan bersifat solutif.

“Hal ini diperlukan untuk tetap menjaga moral dan semangat masyarakat, dalam menghadapi musibah global ini di hari-hari ke depan,” ujar Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim.

Candra juga berharap, media tidak terlalu mengekspose data korban secara vulgar demi menjaga semangat korban dan, keluarganya serta memberikan rasa tenang kepada masyarakat luas.

“Saya juga minta media memberitakan sisi edukasi, apa dan bagaimana virus ini, upaya menghindari dari penularan, serta bagaimana mengatasi dampaknya,” jelasnya.

Untuk segenap awak media, Candra menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan tugas-tugas kewartawanannya.

“Kepada perusahaan media yang mempekerjakan wartawan/jurnalisnya, harus lebih aktif memantau tim liputan mereka dan memastikan para kru bertugas di zona aman,” tegasnya.

Candra juga mengimbau kepada masyarakat Kepri, untuk tetap tenang dan rasional, jangan mudah mempercayai info yang terlalu banyak beredar di media sosial, grup chatting, yang belum tentu valid dan teruji kebenarannya.

“Utamakan mencari sumber referensi dari sumber resmi pemerintah dan melalui media yang terverifikasi, serta jelas sumbernya,” tukasnya. (red)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here