Beranda Daerah Tanjungpinang

Pegawai Pemprov Disuruh Sekolah lebih Tinggi

0
Nurdin Basirun dan Asman Abnur

TANJUNGPINANG (HAKA) – Seluruh pegawai di Pemprov Kepri diminta untuk meningkatkan kompetensi pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia (SDM). Semakin tinggi kompetensinya semakin maju Kepri ke depan.

Hal itu disampaikan Gubkepri H Nurdin Basirun, usai menghadiri ujian doktor terbuka Asman Abnur pada Program Studi Ilmu Ekonomi Islam di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya, Senin (27/2/2017).

Nurdin yakin, selesainya Asman melewati pendidikan doktoral akan semakin memotivasi dan mendorong ASN di Kepri. Untuk meningkatkan komptensi dan level pendidikannya. Nurdin, yang menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Surabaya, mendorong anak-anak Kepri untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin.

“Selamat buat Pak Asman Abnur,” kata Nurdin.

Asman sendiri merupakan mahasiswa angkatan 2010/2011 pada Program Studi Ilmu Ekonomi Islam pada Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga. Setelah enam tahun enam bulan, lelaki yang berulang tahun pada 2 Februari ini menuntaskan pendidikannya.

Guna menyelesaikan pendidikannya, Asman menulis disertasi dengan judul, Pengaruh Belanja Modal Pemerintah dan Investasi Swasta terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan Tenaga Kerja Terserap serta Kesejahteraan Rakyat di kabupaten/kota Provinsi Kepulauan Riau dalam Perspekstif Islam.

Asman menjelaskan, dalam konsep ekonomi Islam, ujungnya adalah kesejahteraan. Siapapun yang merasakan manfaat dari pertumbuhan dan multiple efek ekonomi Islam akan merasa bahagia dan menikmatinya.

“Konsep ekonomi Islam tujuan akhirnya adalah happyness. Juga terjaganya keamanan dan tidak dianjurkan monopoli,” kata mantan Wakil Wali Kota Batam ini.

Salah satu temuan penelitian, bila belanja modal dan investasi swasta meningkat, maka tenaga lokal terserap juga semakin meningkat. Tenaga kerja yang terserap ini, ikut berpengaruh pada tingkat kesejahteraan.

Sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dari hasil disertasinya, Asman menekankan agar pemerintah daerah memperbaiki struktur anggarannya.

“Ke depan, dengan temuan ini supaya belanja pemerintah, berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, harus berdasarkan hasil money follow program. Sudah menerapkan akuntabilitas kinerja, sehingga bisa secara terukur dan jelas hasil yang bisa dicapai,” kata Asman. (red/humas pemprov)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here