Beranda Headline

Peduli IKM Terdampak PPKM, ASN Disperindag Kepri Bantu Masyarakat Isoman

0
Brosur Program ASN Kepri Peduli IKM dan Masyarakat Terdampak PPKM Darurat-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Apa yang dilakukan oleh sejumlah ASN Disperindag Provinsi Kepri ini, patut diacungi jempol dan sangat layak untuk ditiru.

Di tengah penyebaran virus Covid-19 yang belakangan ini semakin masif, para ASN itu, berinisiatif menggalang donasi, untuk membantu warga yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) karena terinfeksi virus Covid-19.

Program yang diberi nama ASN Kepri Peduli IKM dan Masyarakat Terdampak PPKM Darurat itu, dijalankan oleh 9 orang ASN yang saat ini bertugas di Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Disperindag Provinsi Kepri.

Program ini sendiri, memiliki konsep yang tak biasa. Riki Rioanaldi ASN Disperindang Provinsi Kepri yang menjadi penggerak program itu mengatakan, uang donasi yang berhasil dikumpulkan, kemudian mereka jadikan modal untuk melakukan pembinaan terhadap sejumlah UMKM yang tergabung dalam Komunitas BeProKepri.

“Pembinaan yang kami lakukan itu sesuai dengan bidang pekerjaan yang kami jalani saat ini. Seperti pengembangan produk, kebersihan, dan lain sebagainya,” katanya, kepada hariankepri.com, Jumat (16/7/2021).

Setelah itu, lanjutnya, UMKM mulai memproduksi produk mereka sesuai dengan pembinaan yang mereka lakukan. Produk dari UMKM itulah yang kemudian, mereka salurkan ke masyarakat yang tengah menjalani isoman.

“Jadi kita dalam program ini sekaligus membina (UMKM), membantu mereka dapat lanjut berproduksi, dan juga sekaligus membantu pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat kurang mampu yang isoman,” katanya.

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia (Apedi) Kepri itu melanjutkan, adapun bentuk bantuan yang mereka berikan ke warga yang menjalani isoman, seperti makanan dan minuman kesehatan, yang tujuannya dapat mempercepat kesembuhan warga yang menjalani isoman.

“Untuk tahap perdana, Sabtu (17/7/2021) kita sudah mulai mendistribusikan paket bantuan itu ke 10 warga yang ada di RT 1/RW 3 Kelurahan Batu Sembilan, Kota Tanjungpinang, selama 10 hari ke depan,” sebutnya.

Setelah ini lanjutnya, ada sekitar 100 warga yang ada di Kecamatan Tanjungpinang Timur yang menjalani isoman yang menjadi target bantuan ini.

Dalam kesempatan itu, ia pun mengajak ASN maupun anggota masyarakat untuk dapat terlibat, dalam program ini dengan cara menyisihkan sedikit rezekinya. Bagi yang ingin berdonasi dapat menghubungi Desi dinomor 085334106699.

Ia menyebutkan, hanya donasi sebesar Rp 50 ribu per orang, sudah dapat memberikan satu paket makanan bergizi serta minuman kesehatan bagi warga kurang mampu yang tengah menjalani isoman.

Riki juga menyampaikan, program yang ia dan rekan-rekannya jalankan saat ini, terinspirasi dari pengalaman pribadi atasannya yakni, Kabid Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Disperindag Provinsi Kepri Muhammad Nuryani, yang menjalani isoman karena terinfeksi virus Covid-19.

Selama menjalani isoman, atasannya itu merasakan, jika aktivitas isoman itu sungguh sangat tidak menyenangkan. Karena, hanya boleh melaksanakan aktivitas di dalam rumah atau kamar.

Menurut atasannya itu, meskipun ia tengah menjalani isoman, tapi dirinya masih termasuk beruntung. Karena ia masih tetap bisa mendapatkan penghasilan setiap bulan.

Tapi, bagi orang-orang yang penghasilannya perhari dan harus dilakukan di luar rumah kondisi itu tentu sangat memberatkan.

“Pengalaman itulah, yang menjadi inspirasi atasan saya untuk mengajak rekan-rekan ASN yang bertugas dibidang yang dipimpinnya untuk melakukan gerakan ini. Untuk itu kita mengajak, para ASN, ayoklah kita sama-sama membantu saudara-saudara kita,” tuturnya.(kar)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here