Beranda Headline

Pasien Positif Corona Jalan Bareng 9 Orang, yang 4 Ternyata Warga Pinang

0
Kadiskes Tanjungpinang, Rustam

TANJUNGPINANG (HAKA) – Hingga Sabtu (28/3/2020), data positif Covid-19 di Provinsi Kepri menjadi 6 orang. Penambahan ini berasal dari Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan, bahwa ada tambahan 1 warga Kota Tanjungpinang, positif Corona atau Covid-19 di RSUD Raja Ahmad Thabib.

Ia menjelaskan, laporan konfirmasi positif Covid-19 sampel PDP berinisial Nz, jenis kelamin laki-laki, usianya 56 Tahun.

Riwayat perjalanannya sambung Rustam, Nz berangkat ke Malaysia bersama rombongan 9 orang lainnya. Mereka adalah Sa (asal Tarempa Anambas), Sj dan Hj (asal Pekanbaru Riau), dan sisanya Mt, Aa, Ah, Sy, Sn dan Ij.

“Jadi selain yang positif 1, yang 1 orang dari Tarempa, 2 dari Pekanbaru, 4 warga Pinang dan 2 lagi saya belum dapat data,” sebutnya.

Baca Juga: ODP di Kepri Naik Jadi 1.579, di Pinang Positif Corona Jadi 2 Orang

Nz berangkat Minggu (1/3/2020), melalui Pelabuhan Internasional Sribintan Pura (SbP) Tanjungpinang, ke Sri Petaling dan Batu pahat Malaysia, dalam rangka mengikuti suatu kegiatan

“Lalu, rombongan kembali ke Tanjungpinang melalui SbP pada 13 Maret 2020 dan langsung menuju salah satu tempat dan menginap di sana selama 1 hari,” paparnya.

Pada Selasa, (17/3/2020), kata Rustam, Nz mengeluh demam, batuk, pilek, nyeri otot dan badan terasa sakit serta mengalami mimisan.

Keesokan harinya, pada Rabu (18/3/2020) Nz berobat ke dokter praktik mandiri (Dr An), setelah itu pulang dan istirahat, namun kesehatannya tidak mengalami perbaikan.

Nz mengalami penurunan kesehatan dan akan dirujuk ke RSUD RAT namun yang bersangkutan mangkir dan tidak dapat dilacak sehingga gagal dibawa ke RSUD RAT pada hari itu

“Pada Kamis (19/3/2020), sekitar pukul 21.00 WIB, Nz di rujuk ke RSUD RAT oleh tim dari Dinas Kesehatan, PP dan KB Kota Tanjungpinang,” terang Rustam.

Lebih jauh Rustam menerangkan, pada Jumat (20/3/2020) dilakukan pengambilan swab dan darah untuk dilakukan pemeriksaan Covid-19 oleh Tim BTKL Batam dan petugas Dinas Kesehatan PP dan KB Tanjungpinang di RSUD RAT.

“Seminggu kemudian, atau Jumat (27/3/ 2020) diterima hasil pemeriksaan sampel dari Balitbangkes RI melalui BTKL PP dengan kesimpulan terkonfirmasi hasil positif,” tutupnya. (fik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here