Beranda Headline

Pantai Trikora, Selalu Jadi Pilihan Warga Pulau Bintan untuk Liburan Akhir Pekan

0
Pengunjung saat mengabadikan keindahan alam Pantai Trikora di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan-f/zulfikar-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Kabupaten Bintan punya beragam objek wisata alam bahari, yang menjadi destinasi wisata utama bagi wisatawan ketika berkunjung ke kabupaten tersebut.

Salah satunya, adalah Pantai Trikora yang terletak di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Sejak zaman dahulu, pantai ini menjadi lokasi favorit bagi warga Pulau Bintan maupun para wisatawan untuk berlibur.

Hampir setiap akhir pekan, pantai berpasir putih ini selalu ramai oleh pengunjung baik warga Pulau Bintan, maupun para wisatawan untuk berenang di jernihnya air laut atau hanya sekedar menikmati pesona keindahan alam Pantai Trikora.

Seperti yang disampaikan salah satu pengunjung Pantai Trikora, Glamping, Zirmawati. Warga Kota Tanjungpinang ini mengatakan, hampir setiap bulannya ia bersama keluarganya pasti datang berkunjung ke pantai tersebut.

“Karena memang alamnya indah, jadi bisa untuk menenangkan pikiran sejenak. Apalagi masuk ke pantai ini tidak ada biaya. Ini memang tepat wisata yang murah meriah,” katanya, kepada hariankepri.com, Minggu (14/`/2024).

Selain itu kata dia, di sepanjang kawasan tersebut, juga banyak pilihan tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk rekreasi. Seperti Madu Tiga, Pantai Atok, Glamping, dan Pantai Gugong.

“Walaupun pantai itu masih sama dalam satu kawasan, tapi suasananya pasti berbeda, sehingga kita yang berkunjung tidak bosan,” ucapnya.

Bebatuan besar di Pantai Trikora yang menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke pantai tersebut-f/zulfikar-hariankepri.com

Firmanda, Warga Batu 8, Tanjungpinang lainnya pun menyampaikan hal yang senada. Menurutnya, Pantai Trikora kerap menjadi pilihan bagi kantor-nya untuk melaksanakan kegiatan family gathering.

“Bahkan bisa dikatakan hampir setiap tahun di Trikora meski di Bintan ini juga ada destinasi wisata di Lagoi,” sebutnya.

Pantai Trikora sendiri, berjarak 45 km ke arah timur dari ibu kota provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang. Pantai ini tepat berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

Baca juga:  8 Pelabuhan Internasional di Kepri Dibuka untuk Wisman, Termasuk Tanjungpinang

Pantai Trikora memiliki empat bagian, yakni Trikora 1, 2, 3, dan 4. Tidak perlu takut dengan kondisi jalan, karena jalan di sana beraspal bagus dan lebar.

Untuk berkunjung ke sana, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan sendiri, atau menyewa. Karena akses untuk menuju Pantai Trikora belum dilengkapi dengan transportasi umum.

Biasanya ketika libur dan hari raya keagamaan, Pantai Trikora ramai dikunjungi. Pada hari raya lebaran warga dari berbagai daerah di Kepri juga datang untuk menikmati indahnya suasana di Pantai Trikora. Sehingga, pantai inipun menjadi destinasi wisata favorit bagi warga.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengatakan, sejak tahun 2022 lalu, Pantai Trikora ditetapkan oleh Pemprov Kepri sebagai kawasan strategis pariwisata di Provinsi Kepri.

“Pantai Trikora ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata di Kepri yang bertemakan ekowisata,” ujar Ansar Ahmad. (zul/kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini