Beranda Daerah Bintan

Pantai Trikora, Destinasi Wisata Favorit Bagi Warga Pulau Bintan

0
Warga tengah menikmati keindahan alam di Pantai Trikora, Kabupaten Bintan-f/zulfikar-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Bagi traveler yang mencari suasana pantai, Bintan adalah surganya. Salah satu pantai di Bintan yang populer yakni Pantai Trikora. Pantai ini alami dengan air yang jernih, pasir putih dan ombak serta bebatuan besar yang indah.

Pantai Trikora dibagi menjadi kawasan umum dan kawasan resort. Di kawasan Pantai Trikora juga tersedia fasilitas penunjang.

Untuk masuk di kawasan umum, anda hanya cukup membayar sewa pondok-pondok kayu yang cukup untuk satu keluarga. Parkir di kawasan ini pun gratis.

Sambil menikmati suasana pantai, anda bisa sambil menikmati sajian kelapa muda yang dijual oleh pengelola. Bahkan di beberapa tempat juga menyediakan menu kuliner khas Melayu.

Selama berada di pantai ini, Anda bisa bebas bermain di pantai. Pengelola juga menyediakan fasilitas seperti toilet dan tempat bilas badan. Wisata kuliner di sekitar pantai ini kuliner seafood, ataupun cemilan khas berupa otak-otak, dan tapai (singkong).

Sedangkan untuk memasuki kawasan resort, Anda bisa melakukan booking terlebih dahulu. Bisa melalui travel yang ada di Tanjungpinang ataupun Bintan. Namun, bisa juga melalui travel agen online.

Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket tur menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, dan permainan pantai seperti banana boat, kano, dan masih banyak lagi.

Sepanjang perjalanan menuju pantai Trikora, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Seperti perkampungan nelayan yang berjejer rapi, hotel dan resort mewah, kawasan konservasi padang lamun, rumah makan seafood, hingga hutan mangrove.

Di garis pantai yang memiliki panjang kurang lebih 30 kilometer ini tumbuh pepohonan yang bisa menjadi tempat untuk berteduh menikmati ombak. Seperti pohon kelapa, pohon bakau, serta pohon lain.

Baca juga:  Ramai Dikunjungi saat Libur Lebaran, Pantai Trikora Masih Jadi Favorit

Pantai Trikora berjarak 45 km ke arah timur dari ibu kota provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang. Tepatnya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

Pantai Trikora memiliki empat bagian, yakni Trikora 1, 2, 3, dan 4. Tidak perlu takut dengan kondisi jalan, karena jalan di sana beraspal bagus dan lebar.

Untuk berkunjung ke sana, Anda harus mempersiapkan kendaraan sendiri. Karena akses untuk menuju Pantai Trikora belum dilengkapi dengan transportasi umum.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat jasa penyewaan kendaraan baik roda dua ataupun roda empat di Tanjungpinang dan Bintan.

Pantai Trikora ramai dikunjungi ketika libur dan hari raya keagamaan. Pada hari raya lebaran warga dari berbagai daerah di Kepri juga datang untuk menikmati indahnya suasana di Pantai Trikora. Sehingga, pantai inipun menjadi destinasi wisata favorit bagi warga.

Plt Kadispar Kepri, Raja Hery Mokhrizal menyampaikan, Pantai Trikora juga telah ditetapkan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sebagai kawasan strategis pariwisata di Provinsi Kepri.

“Dalam SK Gubernur Kepri Nomor 1263 tahun 2022, Pantai Trikora ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata di Kepri yang bertemakan ekowisata,” tuturnya. (kar)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini