Beranda Headline

Operasi Tangkis Petir TNI AU Bikin Pesawat Asing Kabur

0
Danlanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Pnb Muhammad Dadan Gunawan

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dua Pesawat Sukhoi Su-27/30 milik TNI Angkatan Udara, berhasil melakukan pencegatan dan pengusiran terhadap pesawat Airbus A-320, yang memasuki wilayah udara di bagian Timur Kota Tanjungpinang.

Komandan Lanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb Muhammad Dadan Gunawan mengatakan, kejadian pengejaran dan pencegatan terhadap pesawat asing itu sekitar pukul 13:15 WIB, Rabu (31/10/2018) kemarin.

Dadan sendiri belum tahu persis pesawat asing itu berasal dari negara mana.

“Kalo dari negara mana, masih kami konfirmasi ke komando atas, foto dan video intercept sudah kami kirim ke pusat. Kami hanya dapat kontak visual berlogo Indigo V8-RBT itu kode pesawatnya. Jenis pesawatnya airbus A320,” ungkapnya, Kamis (1/11/2018) kepada hariankepri.com melalui pesan singkat.

Lebih lanjut, Dadan mengatakan, disaat pengejaran itu, setelah mereka dikasih tahu kalau sudah melanggar batas wilayah udara NKRI, maka yang melanggar (pesawat asing) langsung pergi dari wilayah udara NKRI.

“Kenapa melintasi wilayah udara kita tanpa izin, saya pun belum tau,” tegasnya.

Ia menambahkan, bahwa pesawat sukhoi milik TNI AU yang mengejar pesawat asing itu berasal dari skuadron udara 11 Makasar, yang mendapat tugas operasi Tangkis Petir.

“Kebetulan tempat operasinya berada di wilayah Kepri. Untuk penempatan pesawatnya di Bandara Hang Nadim Batam. Kami dari Lanud RHF sebagai pendukung dan Posko jalannya operasi Tangkis Petir,” pungkasnya. (zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here