Beranda Daerah Tanjungpinang

MTQ Bukan Cuma buat Seremoni

0
Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH,Saat Membuka MTQ

TANJUNGPINANG (HAKA) – Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH, mengatakan MTQ jangan cuma dijadikan acara seremoni. Akan tetapi harus ada manfaatnya. Seperti, memperbaiki bacaan Alquran. Kemudian, untuk menguji bacaan Alquran dan ilmu Alquran dari anak-anak.

“Jadi kita tau sejauh mana pemahaman dan minat generasi muda kita dalam mengamalkan isi kandungan Alquran,” kata Lis di pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IV Kelurahan Pinang Kencana, Minggu (19/2/2017).

MTQ diikuti sekitar 62 peserta terdiri dari dewasa, remaja, dan anak-anak. Melombakan cabang tilawah Alquran anak-anak putra dan putri 16 orang, dewasa 11 orang serta remaja 13 orang. Kemudian, Tartil Alquran 22 orang putra dan putri.

Menurut Lis, sebagaimana disampaikan Kabag Humas Pemko Tanjungpinang Boby Wira Satria, dengan membaca Alquran dapat mengobati rohani. Menjadikan Alquran sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

“Mudah-mudahan MTQ ini dapat melahirkan qari dan qariah, yang akan mampu bersaing di tingkat kecamatan, kota, hingga tingkat provinsi,” ucanya.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan bebasnya penggunaan internet pada zaman sekarang, peran aktif perangkat RT, RW, kelurahan sangat penting untuk mengawasi lingkungannya. Kepada orang tua, diminta untuk lebih memberikan perhatian dan kasih sayang.

“Yang penting selalu mengawasi anak-anaknya dengan siapa saja mereka berteman,” tegas Lis saat memberikan arahan.

Di kesempatan itu, Lis mengimbau kepada masyarakat untuk mengawasi anak- anak, agar tidak membiarkan mereka bermain warnet pada jam belajar sekolah maupun jam malam.

MTQ IV Kelurahan Pinang Kencana berlangsung, Minggu (19/2/2017), dihadiri langsung Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH. Pembukaan MTQ itu dilakukan oleh Camat Tanjungpinang Timur, di Surau Al-Khoir Perum Griya Hang Tuah Permai.

Hadir juga Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs Ahadi, anggota dewan dari dapil Tanjungpinang Timur, Kabag Kesra Riwayat SSos, lurah se-Kecamatan Tanjungpinang Timur, Ketua LPTQ, RT/RW dan warga setempat.

Camat Tanjungpinang Timur Yenni Isabella, mengungkapkan rasa syukurnya karena masyarakat Kecamatan Tanjungpinang Timur cukup antusias menyambut pelaksanaan MTQ tingkat Kelurahan Pinang Kencana.

Diakhir sambutannya, Yeni mengimbau masyarakat Kecamatan Tanjungpinang Timur, untuk bersama-sama meramaikan dan mensukseskan MTQ Tingkat Kelurahan Pinang Kencana yang akan berlangsung pada 19 sampai 20 Februari mendatang.

Sementara itu, Lurah Pinang Kencana, Samsul Bahri, mengatakan tujuan dilaksanakan MTQ tingkat kelurahan ini, untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Alquran sebagai tuntunan serta pegangan kita dalam kehidupan sehari-hari. “Selain itu untuk menciptakan generasi muda yang Qurani, ” ucapnya. (red/humas pemko)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here