Beranda Headline

Memutus Mata Rantai Covid-19, Sudah 738 Warga Lakukan Tes Swab

0
Salah satu jurnalis saat mengikuti tes swab di RSUP Raja Ahmad Tabib, Kota Tanjungpinang, Sabtu (1/8/2020)-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana menyampaikan, sejak dibuka pada Kamis hingga Minggu kemarin, tercatat sudah 738 warga yang melakukan tes swab.

Tes swab massal ini dilakukan, untuk memutus mata rantai Covid-19, setelah pengawal Gubernur Kepri, dinyatakan positif corona.

“Untuk warga yang sudah swab sembari menunggu hasil diharapkan melakukan karantina mandiri, meskipun nanti hasilnya negatif diharapkan juga agar tetap melakukan karantina mandiri selama 14 hari,” katanya, Senin (3/8/2020).

Disinggung kapan hasil swab selama tiga hari tersebut akan diumumkan oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kota Bata, Plt Kadiskes Provinsi Kepri ini belum menanggapinya.

Sama halnya, soal rencana untuk memperpanjang waktu pelaksanaan swab di RSUP Raja Ahmad Tabib, Tjetjep juga belum mengomentarinya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah membenarkan, bahwa sejak dibuka pada Kamis hingga Minggu kemarin, tercatat sudah 738 warga yang melakukan tes swab.

Arif juga menyampaikan, selain di RSUP RAT, gugus tuga juga membuka posko pemeriksaan swab di RS Embung Fatimah, Kota Batan, RSKI Galang, Kota Batam dan Posko Pemeriksaan Swab di Jakarta.

“Untuk jumlah masyarakat yang di swab di Batam dan Jakarta hingga saat ini belum ada laporannya, sebab ditangani gugus tugas di masing-masing daerah,” terangnya.

Arif Fadillah mengimbau kepada masyarakat khususnya yang ikut dalam rombongan Gubernur Kepri ke Jakarta pada Senin – Selasa awal pekan lalu untuk melakukan tes swab di RSUP Raja Ahmad Tabib.

Selain para rombongan tersebut, Arif juga mengimbau kepada para pejabat yang melakukan kontak erat dengan yang Gubernur Kepri selama mengikuti rangkaian kegiatan penyambutan Gubernur Kepri untuk ikut melakukan tes swab di RSUP RAT.

“Termasuk para wartawan kita imbau untuk juga melakukan swab di RSUP, ” katanya, Kamis (30/7/2020) kemarin. (kar)

Data Jumlah Warga yang Melakukan Swab di RSUP RAT (Kamis – Minggu) :

1. Kamis (30/7/2029) : 93 orang
2. Jumat (31/7/2020) : 124 orang
3. Sabtu (1/8/2020) : 373 orang
4. Minggu (2/8/2020) : 148 orang

Total = 738 orang
#Sumber : RSUP Raja Ahmad Tabib

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here