Beranda Headline

Masuk Musim Utara, BMKG Tanjungpinang Ingatkan Waspada Gelombang Tinggi

0
Kapal feri tujuan Batam-Tanjungpinang saat melintas di perairan Tanjungpinang-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tanjungpinang, mengingatkan kepada pengguna transportasi laut dan nelayan di Provinsi Kepri, untuk mewaspadai terjadinya gelombang tinggi diperairan Kepri selama Desember 2021 ini.

Prakirawan BMKG Stasiun Tanjungpinang, Khalid menyampaikan, sepanjang Desember 2021 ini, wilayah Provinsi Kepri sudah memasuki musim utara. Kondisi itu membuat kecepatan angin khususnya diwilayah perairan akan mengalami peningkatan.

“Pengguna transportasi laut kami minta selalu waspada, karena kecepatan angin sudah mulai menguat dan gelombang juga mulai meninggi khususnya di wilayah perairan Utara Natuna dan Anambas,” katanya, Senin (6/12/2021).

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki pohon tinggi, untuk dapat menebang pohon tersebut. Karena, dikhawatirkan kecepatan angin yang kuat saat ini, dapat membuat pohon-pohon itu tumbang.

Khalid melanjutkan, dari hasil pemantauan, untuk seminggu ke depan, tinggi gelombang di perairan Utara Natuna dan Anambas bisa mencapai 2 – 6 meter. Sedangkan, untuk di perairan Tanjungpinang, Bintan, Batam, Lingga, dan Karimun masih tergolong normal yakni berkisar 1 – 2,5 meter.

“Untuk seminggu ke depan (di Tanjungpinang, Bintan, Batam, Lingga, dan Karimun) berpotensi terjadi hujan yang besifat lokal khususnya pada siang atau sore hari,” tuturnya.(kar)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here