Beranda Daerah Tanjungpinang

Macam-macam Inovasi di TTG Tanjungpinang

0
Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah saat membuka TTG

TANJUNGPINANG (HAKA)- Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPAKB) Kota Tanjungpinang, menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota Tanjungpinang, pada Kamis, (27/4/2015). Lomba ini dibuka langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Kepala BPPPAKB Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani mengatakan, lomba TTG ini bertujuan untuk merangsang kreativitas masyarakat, dengan menggunakan biaya yang murah dan terjangkau oleh masyarakat menghasilkan alat yang berguna..

Lanjut Yani, lomba ini juga salah satu bentuk kepedulian pemerintah, baik itu pemeritah pusat, pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, karena lomba ini sistemnya berjenjang.

“Jadi nanti yang dapat juara akan dikirim ke tingkat provinsi. Kalau menang lagi akan di kirim ke level nasional,” ujarnya kepada hariankepri.com.

Ditambahkan, untuk lomba ditingkat nasional nantinya akan diadakan di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Lanjut Yani, dari tim yang mengikuti lomba tersebut, semua yang ditampilkan bagus. Adapun yang mengikuti lomba ini, sebanyak 19 tim. Tapi setelah diverikasi yang mengikuti hanya sekitar 15 tim.

“Yang mnegikiti itu lomba itu, ada dari perguruan tinggi, SMK maupun di kalangan masyarakat,” jelasnya.

Adapun yang mengikuti lomba itu seperti alat penggorengan kacang dengan pasir, alat merubah air laut menjadi air tawar dan kristal garam, pengawet ikan alamiah, seftiktank apung dengan media bio filter bagi masyarakt pesisir, alat untuk pengayunan bayi (baby swing), alat untuk pendeteksi dini kebakaran, lampu penerangan rumah masyarakat pesisr dengan energi alternatif arus laut, dan alat pengambil sampah di laut maupun di sungai.(zul)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here