Beranda Headline

Lobi Dubes Malaysia, Bahtiar Minta Perbatasan Malaysia-Kepri Dibuka Lagi

0
Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin bersama Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abu Bakar di Kedubes Malaysia, Jakarta, Senin (2/11/2020)-f/istimewa – humprohub kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin melobi Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abu Bakar supaya akses perbatasan Malaysia dengan Provinsi Kepri segera dibuka kembali.

“Provinsi Kepri berbatasan dengan Malaysia dan Singapura, disebabkan pandemi Covid-19 hubungan sosial dan budaya negara menjadi terganggu,”ujarnya di Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta, Senin (2/11/2020).

Kepada Dubes Malaysia, Bahtiar menjelaskan, keinginannya itu merupakan aspirasi masyarakat Provinsi Kepri.

Apalagi kata dia, selama ini antara Provinsi Kepri dengan Malaysia masih serumpun, dan masyarakatnya memiliki hubungan kekerabatan pertalian darah.

Namun karena ditutupnya akses antar negara, menyebabkan hubungan keluarga menjadi terkendala.

“Maka dari itu, kepada Pak Dubes Malaysia, Datuk Zainal Abu Bakar kami sampaikan aspirasi masyarakat Kepulauan Riau. Kita berharap ada diskresi atau pengecualiaan untuk membuka daerah perbatasan (Malaysia-Kepri), tentunya dengan protokol kesehatan Covid-19 yang disepakati,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Bahtiar juga mengundang secara khusus Dubes Malaysia untuk Indonesia dan Pejabat Kemenlu RI untuk bertandang ke Provinsi Kepri.

Hal ini bertujuan agar, Dubes Malaysia dan pejabat Kemenlu dapat melihat secara langsung situasi Provinsi Kepri saat ini.

“Apabila diperlukan bisa turun bersama dengan Satgas Covid-19 tingkat pusat ke Kepri. Sehingga bisa mendengarkan aspirasi masyarakat Kepri secara langsung,” tuturnya.

Dubes Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abu Bakar mengapresiasi langkah Bahtiar yang sudah menyampaikan aspirasi masyarakat Kepri.

Menurutnya, apa yang menjadi keinginan masyarakat Provinsi Kepri itu menjadi informasi yang cukup penting bagi pihaknya. Ia pun langsung merespon dengan akan melihat sendiri situasi di Kepri untuk berbincang dengan pihak-pihak tertentu.

“Kita berharap dapat membawa solusi-solusi tertentu. Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat dipenuhi, dan penyebaran Covid-19 sama-sama bisa kita atasi dan kendalikan,” tuturnya.(kar/humprohub kepri)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here