Beranda Headline

KPU Pinang Mengklaim: Angka Golput Berkurang, Partisipasi Pemilih Meningkat

0
Suasana di salah satu TPS yang melakukan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 lalu-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, Andri Yudi mengklaim, berdasarkan pengamatan sementara, tingkat partisipasi pemilih pada pemilu tahun ini, mengalami peningkatan dibandingkan pada 2019 silam.

Namun, ia belum bisa menjelaskan secara detil berapa persen partisipasi pemilih di pemilu tahun ini. Karena hal itu baru bisa dijelaskan, ketika rapat pleno yang akan digelar pada 3 Maret 2024 mendatang.

“Kalau tahun 2019 angka partisipasi pemilih sebesar 75 persen. Pengamatan kami untuk pemilu 2024 ini, relatif lebih tinggi,” kata Andri kepada hariankepri.com, kemarin.

Menurutnya, hal itu bisa digambarkan, karena fenomena masyarakat dalam memilih terlihat antusias, di seluruh TPS yang ada di Tanjungpinang.

“Kalau kami lihat pemilu sekarang lebih baik dibandingkan sebelumnya,” terangnya.

Menurutnya, hal tersebut bisa terjadi karena tidak terlepas dari sosialisasi yang dilakukan oleh semua pihak. Baik dari KPU, media masa, media sosial serta dari masing-masing partai politik.

Memang kata dia, jumlah caleg yang ikut pesta demokrasi pada tahun ini, lebih kecil yang berjumlah 423 orang, dibandingkan pada 2019 lalu yang mencapai 444 orang.

“Walaupun sekarang lebih kecil, tapi bisa dikatakan angka golongan putih (golput) di tahun 2024 ini relatif lebih kecil,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Pemko Tanjungpinang Siap Membantu Kebutuhan PSU di 8 TPS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini