Beranda Headline

Ketua Komisi I DPRD Kepri Pimpin Festival Bakcang di Tanjungpinang

0
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Bobby Jayanto saat membagikan Bakcang kepada warga-f/istimewa-setwan dprd kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Bobby Jayanto, bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjungpinang Kota, menggelar perayaan Festival Bakcang, di Tanjungpinang, Kamis (22/6/2023).

Bobby mengatakan, Festival Bakcang merupakan salah satu tradisi penting, dalam kebudayaan Tionghoa, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Imlek.

Dalam festival ini, kata Bobby, Bakcang makanan tradisional khas Tionghoa, yang terbuat dari beras ketan atau pulut dikemas dalam daun bambu berbentuk segitiga, lalu dibagikan ke masyarakat Tionghoa yang tinggal dan memiliki usaha di pertokoan sepanjang jalan.

“Perayaan Festival Bakcang ini dirayakan di seluruh dunia pada hari ini, tanggal 5 bulan 5 Imlek. Di Tanjungpinang, kita merayakan Festival Bakcang ini dengan berbagi Bakcang,” katanya.

Setelah Festival Bakcang, pada 29 Juni 2023 mendatang, juga akan dilaksanakan Festival Lomba Perahu Naga di Pelantar 3 Tanjungpinang.

“Lomba ini tidak terlaksana selama tiga tahun terakhir karena pandemi Covid,” sebutnya.

Bobby menyampaikan, lomba ini memiliki kisah tersendiri yang menceritakan tentang seorang pahlawan terkenal yang memilih untuk bunuh diri ke laut karena tidak sepaham dengan raja.

Bobby juga menyampaikan bahwa pelaksanaan festival ini bertujuan untuk melestarikan tradisi dan budaya masyarakat Tionghoa.

“Kita mengajak masyarakat Tanjungpinang untuk berpartisipasi dalam perlombaan Perahu Naga yang akan digelar di Pelantar 3 Tanjungpinang,” ajaknya.

Sementara itu, Ayong salah satu warga, menyampaikan, harapannya agar tradisi seperti Festival Bakcang dapat diperingati setiap tahunnya.

“Terima kasih kepada Pak Bobby Jayanto dan panitia atas pemulihan tradisi khas masyarakat Tionghoa ini. Kita berharap festival ini bisa dirayakan setiap tahun,” harapnya.(kar)

Baca juga:  Jadikan Pinang Pintu Masuk PMI, Rudi Chua Nilai Keputusan Satgas Covid Pusat Keliru
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini