Beranda Headline

Kemenag Kepri Pantau Hilal 1 Zulhijah di Dompak, Lebaran Idul Adha 17 Juni 2024

0
Kemenag Kepri, BMKG Kota Tanjungpinang dan instansi terkait saat melihat hilal di Tanjung Setumu, Dompak-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri, menetapkan 1 Zulhijah 1445 Hijriah telah jatuh pada Sabtu (8/6/2024).

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri Edi Batara menyampaikan, penetapan tersebut berdasarkan pemantauan hilal yang dilakukan di Pantai Tanjung Setumu, Dompak.

Pemantauan Kemenag ini bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang dan instansi terkait lainnya, pada Jumat (7/6/2024) kemarin.

Ia menerangkan, meski sebelumnya sempat tertutup awan tebal, namun tim hisab Rukyat bisa melihat hilal di sebelah utara matahari.

“Setelah melihat itu, juga dilakukan sumpah dengan dua orang saksi yakni Kasi Bimas Islam Kemenag Bintan dan pihak dari BMKG,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, berdasarkan hasil sidang isbat, Kementerian Agama RI telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin (17/6/2024).

“Ketetapan itu didasarkan pada hasil hisab dan rukyat yang telah dilaksanakan pada 144 titik yang ada di Indonesia,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  DPRD Pinang Minta Bawaslu Tegakkan Aturan Larangan Bawa HP saat PSU

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini