Beranda Headline

Kadisnakertrans Sebut Angka Pengangguran di Kepri Turun

0
Pekerja PT BAI di KEK Galang Batam. Pekerja sektor industri pengolahan mendominasi jumlah angkatan kerja di Kepri pada Agustus 2023-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Jumlah angka pengangguran Provinsi Kepri periode Agustus 2023, menempati urutan tiga besar tertinggi, yakni sebesar 6,80 persen.

Berdasarkan data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri, angka tersebut, lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) nasional yang sebesar 5,32 persen.

Saat dimintai tanggapannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepri, Mangara M Simamarta mengatakan, walau angka pengangguran di Kepri masih tergolong tinggi, namun jika dibandingkan dengan periode sebelumnya, angka tersebut justru mengalami penurunan.

“Yang penting itu turun dulu. Jadi jangan kita lihat peringkatnya. Perbandingan tahun lalu sama tahun ini turun,” katanya, kepada hariankepri.com, di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Kamis (16/11/2023).

Menurutnya, belum maksimalnya penyerapan angkatan kerja di Provinsi Kepri dikarenakan masih minimnya investasi.

Disnakertrans sendiri, kata dia, selama ini terus berupaya meningkatkan kompetensi dan keahlian, melalui sejumlah pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pekerja di Kepri.

“Tahun depan ada kita anggarkan Rp 3 miliar untuk pelatihan. Inilah upaya kita mempersiapkan tenaga kerja dalam mendukung industri dan investasi di Kepri,” pungkasnya. (kar)

Jumlah Angkatan Kerja dan Angka TPT di 7 Kabupaten/Kota di Kepri Periode Agustus 2023 :

I. Jumlah Angkatan Kerja : 1.093.686 orang

II. Angka TPT 7 Kabupaten/Kota :
1. Kota Batam : 8,14 persen
2. Kabupaten Karimun : 6,02 persen
3. Kabupaten Bintan : 5,43 persen
4. Kota Tanjungpinang : 4,76 persen
5. Kabupaten Natuna : 4,05 persen
6. Kabupaten Lingga : 3,53 persen
7. Kabupaten Kepulauan Anambas : 2,55 persen.

#sumber : BPS Provinsi Kepri

Baca juga:  Bupati Roby Datang ke Lapangan, Tim Sepak Bola Bintan Lolos ke Final

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini