Beranda Headline

Jumat Puncak Arus Mudik di Kepri, 239 Armada Kapal Siap Layani Penumpang

0
Penumpang saat turun dari kapal di Pelabuhan Sribintan Pura, Kota Tanjungpinang. Puncak arus mudik di wilayah Kepri diprediksi akan berlangsung pada H-1 atau Jumat (21/4/2023)-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad memastikan, arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah di Provinsi Kepri akan berlangsung aman dan berjalan lancar.

Karena, jauh sebelum mudik Idul Fitri 1444 Hijriah ia telah menginstruksikan Dishub Kepri, agar intens berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk memastikan arus mudik, berlangsung aman dan lancar.

“Insya Allah, arus mudik tahun ini kita pastikan akan berjalan lancar dan aman. Karena memang sudah dipersiapkan dari awal. Baik itu jumlah armadanya, kesiapan pelabuhannya dan juga petugas di lapangan,” katanya, di Kota Tanjungpinang, Minggu (16/4/2023).

Terpisah, Kepala Dishub Provinsi Kepri, Junaidi menyampaikan, peningkatan perjalanan arus mudik di wilayah Provinsi Kepri diprediksi mulai terjadi pada H-3 Idul Fitri 1444 Hijriah atau pada Rabu (19/4/2023).

“Dan puncaknya diperkirakan akan berlangsung H-1 atau Jumat 21 April 2023,” ujarnya, kepada hariankepri.com, Selasa (18/4/2023).

Junaidi melanjutkan, sebanyak 239 armada dari berbagai operator kapal sudah disiapkan, untuk menghadapi lonjakan penumpang selama arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah di wilayah Provinsi Kepri.

“Seluruh armada itu akan beroperasi di sejumlah pelabuhan yang ada di Kepri,” jelasnya.

Kemudian, sebanyak 27 pelabuhan yang tersebar di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri juga sejauh ini sudah siap untuk melayani lonjakan penumpang selama arus mudik hingga arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Selain itu, ada juga delapan bandara di seluruh Kepri yang juga sudah siap untuk melayani penumpang selama mudik Hari Raya tahun ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pada arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah jumlah pemudik di wilayah Provinsi Kepri diprediksi tembus diangka 4 juta orang.

Menurut, Kadishub Provinsi Kepri, Junaidi jumlah tersebut sekitar 5 persen dari perkiraan jumlah pemudik secara nasional yang angkanya sekitar 80 juta orang.

Baca juga:  Kabar Baik untuk PTK Non ASN, Ada Insentif Jelang Idul Fitri 1445 Hijriah

Angka 4 juta orang tersebut, jelasnya, merupakan pemudik yang berasal Jawa ke Kepri dan sebaliknya, serta pemudik antar pulau di wilayah Provinsi Kepri.

Menurutnya, kenaikan jumlah tersebut, dipengaruhi dengan pencabutan kebijakan PPKM oleh Pemerintah Pusat seiring dengan telah meredanya kasus Covid-19 di Indonesia. (kar)

Berikut Jumlah Ketersediaan Armada Kapal di Kepri Selama Arus Mudik Idul Fitri 1444 Hijriah :

1. Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kota Tanjungpinang : 59 kapal penumpang komersial

2. Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam : 99 kapal penumpang komersial

3. Pelabuhan Tanjung Balai Karimun : 44 kapal penumpang komersial

4. Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Uban, Kabupaten Bintan : 15 kapal penumpang speedboat

5. Pelabuhan Batu Ampar dan Pelabuhan Kijang : 4 kapal PELNI, 2 kapal perintis dan 1 kapal tol laut

6. Pelabuhan ASDP Telaga Punggur dan Tanjung Uban : 15 kapal RoRo

#sumber : Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini