Beranda Headline

Jelang Nataru KSOP Gelar Uji Petik 6 Kapal, Semuanya Layak Beroperasi

0
Salah satu kapal yang ada di Pelabuhan SbP-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang, melakukan uji petik, terhadap 6 kapal pengangkut penumpang yang ada di Pelabuhan Sribintan Pura (SbP).

Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas II Tanjungpinang, Imran menyampaikan, uji petik telah dilakukan beberapa pekan lalu. Uji petik ini untuk memastikan kelayakan kapal, dalam mengangkut penumpang pada saat Natal dan tahun baru (Nataru) 2024 mendatang.

Ia menjelaskan, jumlah keseluruhan kapal yang beraktifitas di pelabuhan SbP baik domestik maupun internasional, ada sebanyak 54 unit.

Hanya saja kata dia, berdasarkan perintah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, KSOP Tanjungpinang hanya melakukan uji petik terhadap 6 kapal. Yaitu, Ocean 1, Lintas Kepri, Sabuk Nusantara 36, Ocean Dragon 5, Seven Star dan Super Jet.

“Dari pusat hanya menguji 6 kapal. Sisanya dilakukan oleh KSOP setempat, yakni Batam dan Karimun,” kata Imran kepada hariankepri.com, Jumat (1/12/2023) saat ditemui di Kantor KSOP Tanjungpinang.

Menurutnya, uji kelayakan kapal tersebut sudah rampung dilakukan bahkan hasilnya sudah dilaporkan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Untuk hasilnya, secara umum kapal dalam kondisi layak laut dengan tetap melakukan perawatan dan perbaikan rutin,” ujarnya.

Menurut Imran, uji petik ini memang kegiatan rutin setiap tahun sebagai persiapan menghadapi lonjakan penumpang pada saat libur panjang atau kondisi tertentu.

“Termasuk yang dicek beberapa alat keselamatan kapal dan lain sebagainya,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Tanjungpinang Paling Banyak Rapid Test Corona, Hasilnya 230 Orang Non Reaktif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini