Beranda Ekonomi Bisnis

Istana Sekanak Tanjungpinang, Menyajikan Kopinya Para Raja yang Berkhasiat Tinggi

0
Kopi Sekanak-f/istimewa

Sepaket kopi Sekanak ini, ada berbagai ramuan yang konon berasal dari berbagai bahan serta rempah-rempah darat dan laut.

“Kopi Sekanak ini adalah, diracik dengan sistem rempah-rempah yang menjadi sajian istimewa. Yang dulu pernah ada, dan saat ini kita eksplor kembali berdasarkan informasi maupun catatan-catatan (literatur) sejarah. Kopi ini memiliki kaitan erat nilai-nilai luhur kehidupan masyarakat Melayu,” tutur Datok Teja.

Sejak disajikan tahun 2012 lalu hingga sekarang. Banyak para pejabat negara Indonesia, termasuk para Jendral yang berkunjung, untuk merasakan jamuan kopi Sekanak yang bernuansa sejarah ini.

Bukan hanya di Indonesia, banyak juga warga negara lain seperti Malaysia, Singapura datang mencicipi kopi Sekanak, sekaligus mereka mengetahui serta memahami nilai-nilai budi pekerti saat para Raja tengah menikmati kopi waktu itu.

Datok pun mulai menerangkan SOP (Standar Operasional Prosedur), menikmati Kopi Sekanak.

Pertama, gelas kayu Sepang memiliki khasiat 16 vitamin, di antaranya anti biotik dan anti virus. Kayu Sepang ini, menjadi sajian istimewa para Raja pada zaman itu.

Khasiat kayu Sepang ini, dicari oleh Laksamana Kerajaan Istana Kasim pada Dinasti Ming, Cheng Ho dalam menjelajah (ekspedisi) ke Nusantara antara tahun 1405 hingga 1433 silam.

“Cheng Ho dari China, ke Thailand dan ke Bentan (Bintan) ini,” sebut Datok Teja.

Kemudian di sebelahnya ini, ada gelas kecil berisi black kopi (hitam), dan cangkir putih beralaskan piring kecil warna putih ini adalah, kopi dingin ramuan madu dan susu.

Di atas piring kecil ini, ada kayu manis dari akar bahar dan kue batang buruk.

“Dan saya mengajarkan cara minum yang baik, seperti tatanan kopi Sekanak. Sehingga rasanya akan dapat nantinya. Oke!,” tegasnya.

Baca juga:  2019, Pemprov Tanggung Iuran BPJS Buat Guru Honorer
Selain Khas Kopi Sekanak, Dapoer Melayu juga menyediakan oleh-oleh-f/istimewa

Untuk menikmati kopi Sekanak, ada 4 bagian atau level yang memiliki total 11 rempah-rempah, agar mencapai puncak kenikmatan kopi di sini.

Jika ingin menikmati puncak kopi Sekanak, mulailah dari black kopi. Silahkan, ambil satu sendok.

“Kenapa minum menggunakan sendok, karena kopi inilah kebiasaan dalam istana yang menjadi tradisi serta menjadi budaya masyarakat Melayu pada waktu itu,” ucap Teja sebum memulai tahapan cara minum kopi Sekanak.

Saya pun mengambil sesendok kopi hitam, lalu meminumnya. Saya merasakan kopinya sangat pahit tapi nikmat. Rasanya pun, tak hilang di lidah dan tenggorokan. Meski pun saya berusaha telan air liur beberapa kali. Tetap saja masih melekat.

“Kenapa gunakan sendok, karena ini menggambarkan watak orang Melayu. Pahit? penuh dengan kejujuran, pahitnya kopi Sekanak, mengalahkan pahitnya kehidupan. Karena di dalamnya ada 7 rempah yang sudah diracik bersama kopi. Jenis kopinya adalah robusta,” paparnya.

Dijelaskannya, 7 rempah itu menjadi dasar, dan merupakan benteng bagi tubuh. Yakni, untuk memperkuat otot jantung dan melancarkan peredaran darah.

Pahitnya kopi hitam akan terjawab, ketika minum di cangkir putih yang di dalamnya telah diracik susu dan madu. Kemudian, Datok Teja, menyuruh saya ambil kayu manis.

Lalu saya pun, ambil kayu manis dan aduk rata susu dan madu di dalam cangkir putih itu. Setelah itu, saya isap kayu manis dua kali bekas celupan susu dan madu. Rasanya gurih, nikmat, manis dan sangat lezat.

“Ketika minum sesendok kopi hitam dan kopi susu dan madu, dapat membangun energi berpikir yang positif dan menurunkan gula darah dalam tubuh kita, karena di dalamnya ada madu,” tutur Datok Teja.

Selanjutnya, saya sedot kopi madu susu menggunakan kayu manis. Setelah itu, saya meminum sesendok black kopi. Rasa kedua cangkir putih dan gelas kopi hitam, sulit saya tentukan pilihan.

Baca juga:  Ngeri, Data BNNP Ada 3 Ribu Orang Jadi Pengguna Narkoba di Kepri

Sebab, sama-sama memiliki rasa yang enak, gurih dan lezat. Saya pun coba memilih black kopi, meskipun pahit.

Untuk meminum kopi Sekanak akan sulit menentukan pilihan mana di antara gelas black kopi dan cangkir putih. Yakin pilih black kopi, tapi kan pahit tadi? mampu menurunkan gula darah, menerobos pembuluh darah yang tersumbat sehingga oksigen akan masuk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini