Beranda Headline

Ini 3 Calon Nama Stadion Dompak: Biram Dewa, Arung Birawa, dan Sri Tri Buana

0
Budayawan Kepri, Abdul Malik-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Stadion sepak bola Dompak yang dibangun sejak 2018 lalu pada Selasa, (7/4/2020) mendatang akan diresmikan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri, Maifrizon menyampaikan, rencananya dalam momen peresmian itu, akan dirangkai dengan pemberian nama untuk stadion tersebut.

Untuk urusan nama kata dia, Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri telah memberikan tiga usulan nama. Ketiga nama itu yakni Biram Dewa, Arung Birawa, dan Sri Tri Buana.

“Dari ketiga nama itu salah satunya akan dipilih oleh Pak Gubernur untuk ditetapkan. Kita juga mengajak masyarakat untuk memberi masukan sebagai bahan pertimbangan Pak Gubernur untuk memilih nama yang pas untuk stadion kita,” katanya, Jumat (13/3/2020).

Bagi masyarakat yang ingin memberi masukkan, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui latar belakang ketiga nama yang diusulkan oleh LAM, untuk nama stadion sepak bola Dompak.

Berikut latar belakang ketiga nama itu menurut Budayawan Kepri yang juga Dekan FKIP UMRAH, Abdul Malik.

Pertama Biram Dewa. Berdasarkan catatan sejarah, kata Abdul Malik, Biram Dewa adalah nama sebuah pulau yang berada di Sungai Carang.

Di pulau itu sendiri kata dia, dahulunya berdiri sebuah istana yang cukup megah. Istana itu dibangun oleh Raja Haji Fisabilillah sebagai lambang kemakmuran Kesultanan Johor Pahang Riau Lingga pada tahun 1700-an.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here