Beranda Daerah Bintan

Idul Adha 2024, 1.731 Hewan Kurban di Bintan Dinyatakan Sehat dan Layak

0
Dokter Kesehatan Hewan DKPP Bintan sedang memperlihatakan sapi disertai tanda kelayakan untuk hewan kurban Idul Adha tahun 2024-f/istimewa-humas dkpp bintan

BINTAN (HAKA) – Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, DKPP Bintan drh Iwan Berri Prima mengatakan, hewan kurban di kandang para peternak yang ada di Bintan saat ini jumlahnya sekitar 1.731 ekor.

“Dengan rincian 1.092 ekor sapi, dan kambing sebanyak 639 ekor,” ucap Berri Prima saat dihubungi hariankepri.com, Sabtu (15/6/2024).

Menurutnya, jumlah hewan kurban Hari Raya Idul Adha tahun 2024 itu, telah dinyatakan sehat dan layak untuk kebutuhan kurban oleh Tim Kesehatan Hewan DPP Bintan.

“Sehingga, setiap hewan kurban di kandang para peternak telah diberikan tanda sehat dan layak untuk masyarakat,” tambahnya.

Berri Prima menambahkan, stok hewan kurban itu tidak semua untuk kebutuhan masyarakat Bintan. Namun, sebagian disuplai ke warga tiga daerah yang ada di wilayah Kepri.

“Stok hewan itu, para peternak juga untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban masyarakat Kota Tanjungpinang. Kota Batam dan Kabupaten Lingga,” terangnya.

Berri menerangkan, untuk kebutuhan hewan kurban masyarakat Bintan setiap tahunnya hanya sekitar 500 ekor saja. Ini berdasarkan data aplikasi sistem informasi kesehatan hewan nasional (Isikhnas).

“Yakni, sapi 303 ekor, dan kambing 105 ekor (data tahun 2022). Sedangkan, tahun 2023 lalu, untuk sapi 345 ekor dan kambing 238 ekor,” pungkasnya. (rul)

Baca juga:  Pantau Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Dewi Ansar Roadshow di Bintan
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini