Beranda Headline

Hery: Gubernur Ansar Tetapkan Dabo dan Daik Kawasan Strategis Pariwisata

0
Ratusan tempayan yang disusun membentuk tulisan Linggam Cahaya yang menjadi ornamen di Museum Linggam Cahaya, Daik, Kabupaten Lingga.f/istimewa-google_Kiky Agustinaningrum

LINGGA (HAKA) – Lingga merupakan satu kabupaten di Provinsi Kepri yang terdiri dari dua pulau, yakni Daik dan Dabo. Kabupaten yang beribukota di Daik ini memiliki sejumlah destinasi wisata alam, sekaligus juga kental dengan budaya dan sejarah Melayu.

Plt Kadispar Kepri, Raja Hery Mokhrizal menyampaikan, Daik dan Dabo telah ditetapkan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sebagai kawasan strategis pariwisata di Kabupaten Lingga.

“Kedua pulau itu ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata di Lingga, yang bertemakan wisata budaya dan ekowisata,” katanya, Selasa (6/6/2023).

Penetapan itu lanjutnya, memang bukan tanpa alasan, sebab, di dua daerah itu terdapat destinasi wisata dan juga wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Seperti, destinasi wisata Gunung Daik. Gunung yang lokasinya persis berada di belakang Kantor Bupati Lingga ini, selain menjadi objek wisata andalan juga merupakan ikon dari Kabupaten Lingga.

Air Terjun Batu Ampar salah satu destinasi alam di Dabo, Kabupaten Lingga. f/istimewa-tempatwisata.pro

Hery mengatakan, Gunung Daik memiliki pesona keindahan menarik. Sepanjang jalur pendakian, para pendaki akan disuguhkan dengan suasana hutan yang masih alami.

“Di bawah gunung itu juga ada sungai yang airnya sangat jernih. Air dari sungai ini jugalah yang sampai sekarang digunakan oleh masyarakat di sana untuk kebutuhan sehari-hari,” tuturnya.

Hery melanjutkan, selama di Daik, para wisatawan juga bisa mengenal sekaligus belajar tentang sejarah kebudayaan Melayu. Sebab, di sana terdapat berbagai macam situs peninggalan budaya Melayu.

Seperti, Situs Istana Damnah, Fondasi Bilik 44, Istana Robat, Benteng Bukit Cening, Benteng Tanjung Cengkih, Benteng Kuala Daik, Benteng Mepar Berbentuk Segi Empat, Benteng Kubu Parit, dan Museum Linggam Cahaya.

Sedikit menyeberang, ke Dabo, di tempat ini, ujar Hery, pengunjung juga dapat menikmati sejumlah destinasi wisata ekowisata. Seperti, Air Terjun Batu Ampar, yang merupakan tempat pemandian air terjun favorit di Dabo.

Baca juga:  Mengabadikan Landmark Kota Batam dari Pantai Dendang Melayu
Objek wisata Istana Damnah Lingga-f/istimewa-tempatwisata.pro

Ada juga, di sana Pantai Batu Berdaun, yang merupakan objek wisata pantai unggulan di Dabo. Pantai ini, kata Hery, memiliki pesona alam yang cukup indah.

Selain itu, pasir di pantai tersebut selain berwarna putih bersih juga halus dan lembut, itulah yang membuat banyak pengunjung ingin selalu datang ke pantai tersebut.

Jejeran pohon kelapa dan cemara di sepanjang pantai itu, membuat suasana di sana begitu asri. Sehingga, membuat para pengunjung betah berlama-lama di pantai itu.

“Sehingga tidak heran, kalau Pantai Batu Berdaun ini menjadi ikon wisata andalan di Kota Dabo,” sebutnya.

Kemudian, ada juga tempat pemandian Air Panas. Menurutnya, lokasi ini merupakan salah satu tempat favorit yang paling sering dikunjungi warga terutama saat libur lebaran.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini