Beranda Daerah Bintan

Hari Jadi Ke-74 Bintan, Disbudpar Gelar Teater Mak Yong di Sungai Enam

0
Penampilan Mak Yong, di Sanggar Seni Kampung Sungai Enam Laut-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bintan, menggelar pentas kesenian rakyat teater Mak Yong di Sanggar Seni, Kampung Sungai Enam Laut, Kecamatan Bintan Timur, Jumat (25/11/2022) malam.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bintan, Wan Rudi Iskandar, menerangkan, acara teater Mak Yong merupakan salah satu rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bintan ke-74, yang ditetapkan pada tanggal 1 Desember.

“Kesenian rakyat itu mengisahkan Raja Bungsu Sakti,” tutur Wan Rudi kepada undangan maupun puluhan warga.

Ia menyebutkan, penampilan teater Mak Yong ini dari asuhan Tengku Muhammad Satar. Untuk cerita teater seni-nya masing-masing diperankan oleh pasangan Sadiah dan Agus Sofyan, Vira dan Abdul Wahab.

Menurut Wan Rudi, ada beberapa pertimbangan Disbudpar Bintan memilih Kampung Sungai Enam Laut sebagai tempat pertunjukan teater Mak Yong. Di antaranya, keseniannya tinggi seperti pantun-berpantun, juga menjadi pusat kuliner lokal yakni, otak-otak.

“Kita harapkan, teater seni Mak Yong ini terus dilestarikan di anak-anak sekolah sebagai regenerasi budaya,” tutupnya.

Sementara itu, Kadis Budpar Bintan, Arief Sumarsono mengatakan, Mak Yong sebagai upaya pelestarian dan pengembangan budaya sesuai Undang-Undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan.

Sekaligus menyambut Hari Jadi Kabupaten Bintan ke-74, sesuai Perda Kabupaten Bintan nomor 3 tahun 2022, yang diselenggarakan setiap tanggal 1 Desember.

Kegiatan itu, sambung Arief, juga merupakan peningkatan sumberdaya dan mempopulerkan Mak Yong sebagai warisan tak benda ke tingkat nasional. Bahkan, diajukan sebagai warisan dunia UNESCO.

“Mak Yong gabungan dari berbagai unsur keagamaan, sandiwara, tari, musik dengan vokal atau instrumental lainnya,” pungkasnya. (rul)







TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini