Beranda Headline

Hadir di Wisuda UMRAH, Gubernur Ansar: Berikan Kontribusi Terbaik untuk Kepri

0
Rektor Umrah Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti memberikan selamat kepada Fachri Muhammad salah satu wisudawan di Aula Wan Seri Beni, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Sabtu (18/3/2023)-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), mewisuda 609 sarjana dan pascasarjana, di Aula Wan Seri Beni, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Sabtu (18/3/2023).

Saat menghadiri wisuda ini, Gubernur Ansar mengajak, wisudawan dan wisudawati UMRAH serta seluruh civitas akademik, untuk mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Emas 2045.

Ansar mengatakan, di tahun tersebut akan ada bonus demografi yang dinikmati Indonesia, karena usia produktif lebih banyak daripada usia non produktif.

“Maka dari itu, wisudawan yang meraih gelar sarjana hari ini adalah duta-duta UMRAH yang membawa nama baik di masyarakat, dan terus berikan kontribusi yang terbaik untuk pembangunan di Kepulauan Riau,” paparnya.

Ansar juga mengapresiasi sumbangsih civitas akademik UMRAH, yang telah berkontribusi dalam meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kepri.

Dia menjelaskan, IPM Kepri tahun 2022 mencapai 76,46, angka itu meningkat 0,67 poin atau tumbuh 0,88 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 75,79.

“IPM Kepri tahun 2022 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Kepri (juga) menempati posisi pertama sebagai provinsi dengan IPM tertinggi se-Sumatera,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Umrah Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti menyampaikan, 609 yang diwisuda ini terdiri dari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim sebanyak 78 orang, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan sebanyak 70 orang, Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman sebanyak 44 orang.

Selanjutnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan sebanyak 259, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 157 orang, dan 1 orang mahasiswa pascasarjana.

“Wisudawan pamungkas atau pemuncak diraih oleh wisudawan atas nama Febri Fitri dari (jurusan) Pendidikan Matematika FKIP (dengan IPK 3,93),” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Agung juga menyampaikan, berdasarkan Surat Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek nomor 0435/E/KB 01.01/2022, UMRAH diamanahkan untuk melaksanakan penugasan membuka Prodi Kedokteran.

Baca juga:  Razia PKB Samsat Tanjungpinang: Sejak Ada Diskon Pajak Pendapatan Jadi Naik

Prodi kedokteran ini program sarjana. Lalu prodi pendidikan profesi dokter serta Prodi Kedokteran gigi program sarjana dan prodi Pendidikan profesi dokter gigi.

Salah seorang wisudawan Fachri Muhammad mengaku, bangga sekaligus terharu karena akhirnya dapat menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah dan meraih gelar sarjana.

“Saya mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada orang tua dan rektor dan dosen yang selama ini telah memotivasi dan membimbing. Semoga ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat untuk daerah ini,” harapnya wisudawan FIKP UMRAH ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Utara Riki Rahmat Firdaus, Perwakilan Forkompinda Kepri, Dekan Kedokteran UNSRI Dr. Syarif Husin, dan sejumlah pejabat lainnya. (kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini