Beranda Daerah Bintan

Gus Halim Menteri Desa PDT, Jajal Permainan Gasing di Bintan

0
Mendes PDT Abdul Halim Iskandar ketika mencoba permainan gasing disela peringatan Hari BUMDes 2023 yang berlangsung di Kabupaten Bintan, Rabu (1/2/2023)-f/istimewa-diskominfo kepri

BINTAN (HAKA) – Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim, menjajal permainan gasing, disela peringatan Hari BUMDesa 2023 di halaman Kantor Disparbud, Kabupaten Bintan, Rabu (1/2/2023).

Menteri dari partai PKB itu terlihat bersemangat, memainkan gasing bersama para anak-anak yang hadir pada waktu itu. Ia pun tampak tak mau menyerah, untuk mencoba permainan tradisional yang baru pertama kali ia mainkan.

Menurutnya, gasing merupakan salah satu produk desa. Ia pun mengajak, agar permainan rakyat itu agar dapat terus dilestarikan.

“Jangan sampai gasing hilang dari bumi nusantara,” pesanya.

Adik dari Muhaimin Iskandar ini juga tampak semringah, saat melihat secara langsung produk olahan dari desa, mulai dari makanan sampai kerajinan tangan yang dijajakan di bazar tersebut.

Bahkan, ketika berada di stand bazar milik Provinsi Kepri, Gus Halim mempromosikan langsung makanan olahan asli Kepri yang dipajang di etalase. Seperti, rendang tongkol, keripik kunyit, ikan asin, dan keripik kacang bilis.

“Pusatkan perhatian kita ke produk BUMDes, semua makanan dari BUMDes pasti enak dan bergizi,” katanya saat mempromosikan makanan olahan khas dari Provinsi Kepri.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad yang mendampingi Gus Halim mengaku bangga melihat antusiasme Mendes dan PTT itu terhadap produk-produk BUMDes.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri itu pun optimis, jika seluruh produk olahan asal BUMDes di Kepri bisa bersaing bahkan ke pasar internasional.

“Ada banyak produk olahan Kepri yabg yang dipasarkan ke mancanegara, maka dari itu kemarin kita beli mesin sterilisasi agar produk makanan kaleng Kepri bisa tahan satu bulan tanpa bahan pengawet, karena itu pasarnya sampai ke Turki,” paparnya.

Baca juga:  Soal TKA di PT BAI, Isdianto: Saya Tak Bisa Gegabah Menolaknya

Bazar dan pasar murah BUMDes akan digelar sampai Jumat (3/2/2022) mendatang. Sebanyak 33 stand bazar dari seluruh provinsi di Indonesia berpartisipasi dalam bazar tersebut. (kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini