Beranda Headline

Gubernur Ansar Mulai Berlakukan Pemotongan Zakat untuk ASN Pemprov

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat membayar zakat melalui Baznaz Kepri di Aula Wan Seri Beni, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Selasa (12/4/20220)-f/istimewa-pemprov kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Pimpinan FKPD, Pimpinan OPD, dan Direksi BUMD Provinsi Kepri membayar zakat melalui Baznas Provinsi Kepri di Aula Wan Seri Beni, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Selasa (12/4/2022).

Gubernur Ansar Ahmad mengatakan, zakat merupakan tabungan saat akhir nanti menghadap Allah SWT. Dengan zakat, diharapkan dapat membersihkan harta dan menyucikan hati.

“Tidak pernah ada orang yang berzakat jatuh miskin, tapi yakinlah semakin besar zakat yang dikeluarkan maka semakin besar pula rezeki yg diberikan Allah kepada kita,” katanya.

Ansar juga menuturkan, kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab pemerintah. Untuk mencapai hal itu pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Zakat yang diberikan ini, merupakan bentuk bantuan masyarakat untuk masyarakat.

“Hari ini kita memberikan contoh kepada masyarakat pentingnya membayar kewajiban zakat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ansar juga menyampaikan, terhitung Mei tahun 2022, Pemprov Kepri mulai mengimplementasikan Pergub Nomor 54 Tahun 2021, tentang optimalisasi zakat disertai pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap OPD di lingkungan Pemprov Kepri.

Kegiatan ini sendiri ujarnya, memang sempat tertunda karena keterlambatan pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) beberapa waktu lalu.

“Tolong BKD untuk menyiapkan surat lagi terkait pemotongan 2,5 persen bagi ASN muslim melalui bendahara OPD,” tegasnya.

Ketua Baznas Kepri Arusman Yusuf, melaporkan di tahun 2021 yang lalu, Baznas Kepri berhasil menghimpun Rp 4,5 miliar dana zakat yang telah dibagikan kepada yang berhak menerima zakat atau mustahik.

“Harapan kami dengan adanya Pergub Nomor 54 Tahun 2021 tersebut dana zakat yang dapat dikumpulkan lebih besar lagi,” harapnya.

Dalam kegitan yang mengangkat tema “Cinta Zakat Menyejahterakan Umat” itu, juga disejalankan dengan penyerahan secara simbolis 200 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu dalam kegiatan ini, Baznas Kepri yang bekerja sama dengan Bank Riau Kepri menyediakan 8 counter pembayaran zakat. Para muzakki juga dapat membayar zakat melalui website baznaskepri.org/layanan/zakat/.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini