Beranda Daerah Bintan

Firman Minta 36 Desa Tiru Kesuksesan 4 BUMDes di Bintan

0
Suasana 12 kios sewa milik BUMDes Mitra Perdana Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam (SKL), Kabupaten Bintan-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – 4 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari 36 desa di Bintan, mampu menunjukkan progres bisnis usaha untuk warga. Demikian diutarakan oleh Kadis PM Desa Kabupaten Bintan, Firman Setyawan.

Ia menerangkan, BUMDes yang mampu mengelola serta pengembangan bisnis usaha untuk masyarakat yakni, di Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong.

“BUMDes ini mengembangkan usaha di bidang peternakan sapi, penyewaan meja dan kursi, serta usaha sektor pariwisata,” sebutnya.

Kemudian, BUMDes Kampung Hilir, yang berada di Kecamatan Tambelan. BUMDes ini juga mengembangkan usaha di bidang jasa keuangan seperti simpan pinjam, usaha perdagangan umum di antaranya, isi air galon, perhotelan dan sektor pariwisata.

Selanjutnya, BUMDes Teluk Sasah Kecamatan Seri Kuala Lobam mempunyai usaha sewa kios, tenda, kursi, mesin jahit transportasi, konvensi, , dan pengadaan bahan bangunan.

“Bahkan BUMDes Teluk Sasah memiliki Pertashop penjualan BBM untuk warga,” terangnya.

Lalu, BUMDes Teluk Bakau Kecamatan Gunung Kijang juga melakukan usaha di bidang supplier bahan bangunan, jasa catering, kedai kopi, penjualan air bersih, penyewaan pikap dan warung kontainer, serta usaha keramba kerapu cantang.

“Jadi keempat BUMDes itu sudah punya pendapatan untuk desa masing-masing,” ucap Firman.

Sedangkan, BUMDes di desa lainyya yang ada di wilayah Kabupaten Bintan belum mengoptimalkan badan usaha mereka sesuai potensi yang ada.

“Kami meminta kepada BUMDes yang ada di 32 desa agar mengoptimalkan usaha demi peningkatan serta kemajuan ekonomi warga desa,” tutupnya. (rul)

Baca juga:  Dialog dengan Menkominfo Batal, Ansar Duga Ada Pihak yang Tak Ingin Kepri Dikenal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini