Beranda Headline

Ekowisata Tosela, Inovasi Desa Berbasis Potensi Alam di Toapaya Bintan

0
Mangrove Adventure salah satu wisata unggulan di ekowista Tosela-f/istimewa-tpiddesatoapayaselatan

BINTAN (HAKA) – Pulau Bintan memiliki berbagai potensi alam, yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Kepulauan Riau (Kepri).

Salah satunya adalah Tosela yang merupakan Ekowisata yang dikelola oleh BUMDes Mitra Karya Sejahtera, yang bersinergi dengan pemerintah desa Toapaya Selatan dan masyarakat sekitar.

Tosela berada di Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan. Ekowisata Tosela merupakan Inovasi, yang dilakukan oleh Desa Toapaya Selatan berupa pengembangan daerah wisata berbasis alam (ekowisata), yang memanfaatkan lahan serta potensi alam dan potensi wisata berbasis masyarakat.

Plt Kadis Pariwisata Raja Hery Mokhrizal mengatakan, Ekowisata Tosela ini termasuk salah satu kawasan strategis pariwisata di Kepri.

Menurutnya, berbagai permainan alam terbuka, hasil inovasi dari Pemerintah Desa Toapaya Selatan ada di Ekowisata Tosela. Pengunjung bisa mencoba menjajal lahan offroad dengan menggunakan All Terrain Vehicale (ATV).

“Kemudian juga ada atraksi panahan. Dan Camping Ground,” katanya.

Inovasi wisata lainnya, sambung Hery, yakni mangrove adventure. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan mangrove dengan menggunakan speedboat yang disediakan pengelola.

Dengan inovasi Ekowisata Tosela ini, imbuhnya lagi, kini menjadikan Desa Toapaya Selatan sebagai desa mandiri. Bahkan mampu menciptakan lapangan kerja. Dan meningkatkan PADes dan tentunya akan berakibat baik pada kesejahteraan warga sekitar.

“Ekowisata Tosela ini sekarang juga sudah terdaftar dalam program inovasi desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia,” pungkasnya.(arp)

Baca juga:  RAPBD 2019 Pemprov Kepri Rp 3,5 Triliun, Separuhnya Fokus untuk 3 Bidang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini