Beranda Headline

Dompak, Pulau dengan Beragam Pilihan Destinasi Wisata di Tanjungpinang

0
Pengunjung sedang bermain di Pantai Tanjung Siambang di Pulau Dompak-f/istimewa-instagram @ruziana.fathruzi

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pulau Dompak selain dikenal sebagai pusat Pemerintahan Provinsi Kepri, pulau yang luasnya sekitar 995 hektar ini, juga memiliki beragam destinasi wisata keluarga.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri, Raja Hery Mokhrizal menyampaikan, sejak tahun 2022 lalu, Pulau Dompak telah ditetapkan oleh Pemprov Kepri, sebagai salah satu daya tarik wisata di Provinsi Kepri.

“Penetapan itu tertuang dalam SK Gubernur Kepri Nomor 1263 tahun 2022 tentang, Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Daya Tarik Wisata Provinsi Kepri,” katanya, Jumat (10/2/2023).

Di pulau yang berada di Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang itu, terdapat sejumlah destinasi wisata yang cocok dijadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga.

Seperti, Pantai Tanjung Siambang dan Pantai Setumu. Lokasinya yang tepat di belakang Kantor Gubernur Kepri itu, telah lama menjadi lokasi favorit warga untuk menyaksikan sunset.

Karakter air lautnya yang tenang dan dangkal membuat pantai itu juga cukup aman bagi anak-anak. Ditambah lagi, dengan deretan pohon kelapa yang tumbuh tinggi di sepanjang pantai, membuat nuansa cantik keindahan alam terpancar jelas di sana.

Biasanya di akhir tahun, pantai yang dikelola oleh Pokdarwis Dompak itu juga sering diadakan beragam lomba rakyat. Seperti, lomba perahu layar, lomba jong, dan menangkap itik.

Apabila ingin menikmati kuliner laut khas Melayu, pengunjung dapat mengunjungi rumah makan yang banyak berdiri disepanjang pantai Pulau Dompak.

Di sana, pengunjung dapat menikmati beragam kuliner khas Melayu seperti kepiting saus, gonggong, dan gulai ikan pedas, sembari menikmati semilir angin pantai.

Pulau Dompak juga memiliki spot-spot yang cukup instagramable. Seperti Tugu Tri Matra. Di tugu yang dibangun oleh Kogabwilhan I ini terdapat tiga alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI, yakni tank AMX 13, pesawat F5 dan Replika KRI Matjan Tutul. Tugu ini pun kini menjadi salah satu tempat favorit bagi warga Kota Tanjungpinang untuk menghabiskan waktu.

Baca juga:  Jembatan Barelang, Destinasi Wisata Ikonik di Kota Batam

Spot lainnya yang instagramble di Pulau Dompak yakni, Masjid Nur Illahi. Lokasinya yang berada di atas bukit, membuat masjid ini menjadi tempat paling favorit bagi warga untuk berfoto dengan latar belakang Jembatan I Dompak. Sebuah jembatan yang menghubungkan Kota Tanjungpinang dan Pulau Dompak.(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini